CD Skripsi
Hubungan Efikasi Diri Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Negeri Pembina 1 Kota Pekanbaru
Berdasarkan Permendikbud 137 tahun 2014 dijelaskan bahwa pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan 6 perkembangan, yaitu moral agama, kognitif, fisik-motorik, bahasa, sosial emosional, dan seni. Perkembangan kognitif merupakan aspek yang penting dalam perkembangan anak, aspek ini berkaitan dengan kegiatan otak dalam proses berpikir. perkembangan kognitif pada anak usia dini sangat penting, dengan kemampuan kognitif anak dapat memecahkan suatu permasalahan dan mengolah perolehan belajarnya seperti pengembangan dari aspek kognitif, konsep berarti suatu rancangan banyaknya benda, lambang bilangan dan sebagainya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui efikasi diri dan mengenalkan lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina 1 Kota Pekanbaru. Metode atau pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasional yang bertujuan untuk menguji dua variabel. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 40 anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina 1 Kota Pekanbaru dan menggunakan teknik total sampling. Berdasarkan hasil penelitian pearson correlation bernilai rxy 0,686 dengan tingkat hubungan yang kuat. Maka dapat di simpulkan bahwa hubungan efikasi diri terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun DI TK Negeri Pembina 1 Kota Pekanbaru terdapat hubungan yang signifikan antara variabel efikasi diri terhadap variabel kemampuan mengenal konsep bilangan, artinya jika efikasi diri anak dikategorikan sangat baik maka kemampuan mengenal konsep bilangan anak dikategorikan baik.
Kata Kunci : Anak Usia Dini, Efikasi Diri, Kemampuan Mengenal Bilangan
Tidak tersedia versi lain