CD Skripsi
Analisis Karakteristik Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Dan Kemampuan Awal Pada Materi Suhu, Kalor Dan Pemuaian Di Kelas VII MTs Darul Hikmah Pekanbaru
Pendidikan merupakan proses pembelajaran dalam mengembangkan potensi diri seperti berpikir, menganalisa, serta memutuskan. Perubahan zaman mendorong pentingnya peningkatan kualitas pendidikan untuk menghadapi berbagai tantangan. Salah satu faktor yang membuat kegiatan belajar mengajar tidak berjalan efektif yang mengakibatkan hasil belajar siswa tidak optimal adalah guru tidak memahami karakteristik siswa, kemampuan belajar dan tipe gaya belajar masing-masing siswa. Setiap siswa memiliki karakter dan kemampuan yang unik dalam menyerap informasi, sehingga guru perlu menyesuaikan metode pengajaran. Dengan memahami karakteristik gaya belajar dan kemampuan awal siswa, guru dapat merancang pembelajaran yang menyenangkan, efektif, dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik gaya belajar siswa di kelas VII MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal siswa di kelas VII MTs Darul Hikmah Pekanbaru pada materi suhu, kalor dan pemuaian. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat menjadi pedoman dalam mengidentifikasi gaya belajar pada masing-masing siswa dan menjadi pedoman dalam melaksanakan tes kemampuan awal serta dapat mejadi sumber informasi dan referensi lebih lanjut dalam menginplementasikan gaya belajar dan tes kemampuan awal.
Penelitian ini dilaksanakan di MTs Darul Hikmah Pekanbaru, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Riau. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dengan menggunakan rumus Isaac dan Michael, diperoleh sampel penelitian ini yang berjumlah 152 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan angket gaya belajar yang dapat diakses melalui aplikasi akupintar.id yang terdiri dari 30 soal, serta memberikan tes kemampuan awal pada materi suhu, kalor dan pemuaian yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda. Data hasil penelitian yang telah didapatkan selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Analisis deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran tentang karakteristik siswa berdasarkan gaya belajar dan kemampuan awal pada materi suhu, kalor dan pemuaian di kelas VII dalam bentuk tabel, gafik, diagram, serta persentase.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kecenderungan gaya belajar tertinggi pada kelas VII MTs Darul Hikmah Pekanbaru ada pada gaya belajar visual kinestetik (VK) dengan jumlah 63 siswa, yang terdiri atas 28 siswa laki-laki dan 35 siswa perempuan. Sedangkan hasil analisis kemampuan awal siswa di kelas VII MTs Darul Hikmah Pekanbaru pada materi suhu, kalor dan pemuaian medapatkan skor rata-rata 58,09 yang termasuk dalam kategori tinggi. Analisis kemampuan awal ini terbagi menjadi dua yaitu kemampuan awal berdasarkan kriteria penyusunan soal dan kemampuan awal berdasarkan tingkat penguasaan. Kemampuan awal berdasarkan penyusunan soal pada materi prasyarat sains dan metode ilmiah mendapatkan skor rata-rata 68,42 dengan kategori tinggi, materi prasyarat zat dan perubahannya mendapatkan skor rata-rata 54,33 dengan kategori sedang, dan materi suhu, kalor dan pemuaian mendapatkan skor rata-rata 57,24 dengan kategori sedang. Kemampuan awal berdasarkan tingkat penguasaan didapatkan hasil siswa dengan kemampuan siap ulang memperoleh skor rata-rata 33,16, sedangkan siswa dengan kemampuan pengenalan memperoleh skor rata-rata 24,93.
Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa gaya belajar siswa di kelas VII MTs Darul Hikmah Pekanbaru adalah beragam dan kemampuan awal siswa pada materi suhu, kalor dan pemuaian di kelas VII MTs Darul Hikmah Pekanbaru adalah dalam kategori tinggi. Untuk itu peneliti merekomendasikan pada guru agar dapat mengidentifikasi gaya belajar masing-masing siswa dan dapat melaksanakan tes kemampuan awal siswa pada saat akan memulai materi baru untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terutama pada pelajaran IPA.
Tidak tersedia versi lain