CD Skripsi
Pengelolaan Program Penyediaan Air Minum Sehat Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Oleh Pemerintah Desa Teluk Binjai Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan Tahun 2015-2017
ABSTRAK
PENGELOLAAN PROGRAM PENYEDIAAN AIR MINUM SEHAT DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT (PAMSIMAS) OLEH PEMERINTAH DESA TELUK BINJAI KECAMATAN TELUK MERANTI KABUPATEN PELALAWAN TAHUN 2015-2017
Oleh:
Rizun Effendi
Email: [email protected]
Dosen Pembimbing: Adlin, S.Sos, M.Si
Salah satu desa yang mendapat program Pamsimas adalah Desa Teluk Binjai Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalalwan. Program Pamsimas yang dibangun di Desa Teluk Binjai Tahun 2015 (Program Pamsimas Tahap II) tidak berfungsi beberapa sarana Penyediaan Air Minum dan Sarana Sanitasi di Desa tersebut seperti menara air, mesin genset, pompa centrifigural dan pemipaan. Selain itu terdapat 110 kepala keluarga yang seharusnya mendapatkan akses pelayanan air minum dari program Pamsimas Tahun 2015 hingga saat ini tidak mendapatkan fasilitas tesebut. Padahal rencana tersebut sudah dilakukan berbagai kajian tetapai hasilnya tetap berujung kegagalan pembangunan. Artinya terdapat pengelolaan yang kurang baik dari pihak pengelola Pamsimas di Desa Teluk Binjai tahun 2015. Adapun rumusan penelitian ini adalah “Bagaimana Pengelolaan Program Penyediaan Air Minum Sehat dan Sanitasi Berbasis Masyarakat oleh Pemerintah Desa Teluk Binjai Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan Tahun 2015-2017?” Penelitian ini bertujuan untuk Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mendeskripsikan serta mengetahui Pengelolaan Program Penyediaan Air Minum Sehat dan Sanitasi Berbasis Masyarakat oleh Pemerintah Desa Teluk Binjai Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan Tahun 2015-2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, analisis data yang digunakan adalah analisis metode kualitatif.
Hasil temuan yang dapat disimpulkan adalah Pengelolaan Program Penyediaan Air Minum Sehat dan Sanitasi Berbasis Masyarakat oleh Pemerintah Desa Teluk Binjai Tahun 2015-2017 adalah kegagalan pembangunan. Penilaian tersebut berdasarkan hasil temuan dilapangan sebagai berikut: Pertama belum terdapat transparansi dalam pelaksanaan program Pamsimas di Desa Teluk Binjai, masyarakat tidak mengetahui secara jelas selain kekurangan anggaran penyebab kegagalan pembangunan, fungsi dari UPM tidak berjalan secara maksimal yakni tidak memberikan informasi proses penyelnggaraan program Pamsimas tersebut termasuk persoalan keuangan; Kedua, pada indikator akuntabilitas belum ada komitmen dari instansi bersangkutan untuk kesuksesan pelaksanaan Program Pamsimas, SDM yang belum memadai serta tujuan dan manfaat dari program tersebut belum dirasakan oleh masyarakat Desa Teluk Binjai. Ketiga, program Pamsimas di Desa Teluk Binjai tahun 2015 belum melibatkan partisipasi masyarakat secara luas dan kontrol dari berbagai aktor belum berjalan baik.
Kata Kunci: Good Governance Menurut BPK, Transparansi, Partisipasi, Akuntabilitas, dan Pamsimas.
Tidak tersedia versi lain