CD Skripsi
Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Negeri 004 Baturijal Hulu
ABSTRAK
Putrawijaya, Budi 2009. Penggunaan Medi Gambar dapat Meningkatkan Hasil
Belajar IPA Kelas IV SDN 004 Baturijal Hulu. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Riau.
Pembimbing : (1) Drs. H.Damanhuri Daud.S.Pd,
(II)Mahmud Alpusari, M.Pd ii
Kata Kunci: Menggunakan Media Gambar. Pembelaiaran IPA di SD. Hasil
Belajar Siswa.
Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar perlu
diperhatikan, dengan tujuan agar siswa memiliki aktivitas, kreativitas dan
memiliki hasil nilai yang memenuhi kriteria sekolah, untuk itu hasil belajar IPA
perlu ditingkatkan. Dalam penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas
yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan penggunaan Media
Gambar pada siswa kelas IV SDN 004 Baturiial Hulu. Penelitian ini dilaksanakan
pada tanggal 21 Maret sampai dengan 6 April 2011. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas IV yang beijumlah 24 orang yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki
dan 14 orang siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini
adalah tes hasil belajar dan lembar observasi guru dan siswa. Dari penelitian ini
diperoleh daya serap siswa pada siklus I adalah yang mendapat kategoi amat baik
5 orang siswa dengan persentase 20,83%, kategori baik 5 orang siswa dengan
persentase 20,83%, yang bekategori cukup 13 orang siswa dengan persentase
54,17% dan berkategori kurang 1 orang siswa dengan persentase 4,17%.
Sedangkan pada siklus II daya serap siswa meningkat yaitu yang berkategori amat
baik 10 orang siswa dengan persentase 47,67%, yang berkategori baik 11 orang
dengan persentase 37,5%, dan berkategori cukup 5 orang siswa dengan persentase
20,83%, sedangkan berkategori kurang tidak ada. Ketuntasan belajar individu
pada siklus I ada 15 orang dan ketuntasan klasikal 625%, pada siklus II ada 21
orang dengan ketuntasan klasikal 87,5%. Rata-rata aktivitas guru pada siklus I
pertemuan adalah 68,18, dan pertemuan II adalah 75, sedangkan siklus II
pertemuan I adalah 77 ,27 dan pertemuan II adalah 79,54. Rata-rata aktvitas siswa
pada sikius I pertemuan I adalah 63,54, dan pertemuan II adalah 64,06, sedangkan
siklus II pertemuan I adalah 67,81 dan pertemuan II adalah 73,75. Dari penelitian
ini dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Media Gambar dapat meningkatkan
hasil belajar siswa kelas IV SDN 004 Baturijal Hulu Tahun Ajaran 2010/2011.
Tidak tersedia versi lain