CD Skripsi
Pengembangan Modul Ajar Ipas Berbasis Projek Steam
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar IPAS berbasis STEAM yang valid dan layak digunakan di sekolah dasar khususnya kelas V SD. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Pada penelitian ini menggunaka model penelitian ADDIE yang dimodifikasi sesuai kebutuhan peneliti. Adapun tahapan ADDIE yang dimodifikasi dimulai dengan tahap Analysis (Analisis), Design (Perancangan), dan Development (Pengembangan). Untuk tahapan Implemnetation and Evaluation bisa dijadikan penelitian selanjutnya. Tahap analisis meliputi analisis kurikulum, analisis kebutuhan guru dan analisis kebutuhan peserta didik. Tahap perancangan meliputi pembuatan kerangka modul, penentuan validator dan menyusun instrumen penilaian dari modul ajar tersebut. Tahap pengembangan meliputi realisasi dari tahapan perancangan serta memvalidasikan produk oleh validator. Validator pada produk modul ajar IPAS berbasis STEAM ini ditetapkan sebanyak tiga orang, dengan pembagian validator ahli media, validator ahli bahasa, dan validator ahli materi. Setelah produk di validasi, tahap selanjutnya peneliti melakukan uji coba skala kecil yang menjadi sasarannya ialah 3 orang guru kelas V dan 10 orang peserta didik kelas V SD. Modul ajar IPAS berbasis STEAM ini dinyatakan valid berdasarkan penilaian dari ahli media tahap I dan II dengan rata- rata sebesar 98,5%, penilaian dari ahli bahasa tahap I dan II dengan rata-rata sebesar 57%, dan penilaian dari ahli materi tahap I dan II dengan rata-rata sebesar 93%. Selain itu berdasarkan hasil respon siswa maupun guru terhadap modul ajar IPAS berbasis STEAM ini layak digunakan dan pembelajaran yang diciptakan berpusat pada peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut bisa disimpulkan bahwa modul ajar IPAS berbasis STEAM yang dikembangkan valid dan layak untuk diaplikasi pada sekolah dasar khususnya kelas V SD.
Kata Kunci: Modul Ajar; Model ADDIE; IPAS; STEAM; Pembelajaran Aktif.
Tidak tersedia versi lain