CD Skripsi
Kesiapan Belajar Warga Belajar Paket C Di Pkbm Insan Cendekia Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru
Kesiapan Belajar, Warga Belajar, Paket C
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa tinggi tingkat kesiapan belajar warga belajar paket C di PKBM Insan Cendekia Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru, serta tingkat kesiapan belajar warga belajar paket C berdasarkan demografi responden, dan juga seberapa besar kontribusi masing-masing indikator kesiapan belajar warga belajar paket C di PKBM Insan Cendekia Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini yaitu warga belajar paket C yang ada di PKBM Insan Cendekia Kota Pekanbaru yang berjumlah 63 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu dilakukan dengan Teknik Simple Random Sampling, karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 39 responden dan dilakukan uji coba kepada 20 responden yang berada pada PKBM yang berbeda, uji validitas dengan nilai r 0,444 yang didapat dari 20 responden paket C. Dari 40 item pernyataan yang diuji cobakan, ditemukan pernyataan yang tidak valid sebanyak 6 pernyataan dan 34 pernyataan yang valid. Pernyataan yang tidak valid 3dibuang dan pernyataan yang valid akan dijadikan pernyataan untuk angket pada saat melakukan penelitian dilapangan.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket yang berisikan pernyataan-pernyataan tentang Kesiapan Belajar Warga Belajar Paket C di PKBM Insan Cendekia Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru. Pernyataan tersebut dibuat melalui kisi-kisi instrument yang didalamnya ii
dicantumkan variabel dan indikator penelitian, kemudian dikembangkan menjadi sub-sub indikator.
Dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Adapun hasil analisis menunjukkan bahwa kesiapan belajar warga belajar Paket C di PKBM Insan Cendekia Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru tergolong sedang dengan rata-rata nilai mean 3,36. Indikator kondisi fisik tergolong sedang dengan memperoleh nilai mean 3,44, indikator kondisi mental tergolong sedang dengan memperoleh nilai mean 3,30, indikator kondisi emosional tergolong sedang dengan memperoleh nilai mean 3,41, indikator kebutuhan, motif dan tujuan tergolong sedang dengan memperoleh nilai mean 3,30, dan indikator pengetahuan tergolong sedang dengan memperoleh nilai mean 3,36. Kemudian hasil analisis kesiapan belajar bersumber dari demografi responden berdasarkan kategori jenis kelamin tergolong sedang dengan nilai mean 3,36, berdasarkan kategori usia tergolong sedang dengan nilai mean 3,36, serta berdasarkan pada kategori pekerjaan orangtua dengan nilai mean 3,35 yang juga tergolong sedang. Dan hasil analisis kesiapan belajar yang dilihat dari kontribusi masing-masing indikator dijadikan faktor yaitu kondisi fisik, kondisi mental, kondisi emosional, kebutuhan, motif dan tujuan, dan pengetahuan tergolong rendah. Kontribusi indikator yang disebutkan mampu berkontribusi sebanyak 20,44% dan sisanya 79,56% ditentukan oleh indikator-indikator lain selain indikator di atas. Ini artinya bahwa indikator tersebut tidak dapat menentukan kesiapan belajar warga belajar Paket C.
Saran kepada warga belajar Paket C di PKBM Insan Cendekia Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru diharapkan untuk meningkatkan kesiapan belajar lebih baik lagi agar dapat menunjang pembelajaran dan juga prestasi yang baik dan cemerlang selama belajar di PKBM Insan Cendekia Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru. Dan kepada peneliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti lebih dalam lagi mengenai kesiapan belajar warga belajar Paket C agar bisa menyempurnakan hasil penelitian ini ke depannya.
Tidak tersedia versi lain