CD Skripsi
pengembangan modul pengelolaan emosi siswa smp kelas 9 melalui layanan bimbingan klasikal di smp negeri 16 pekanbaru
Penelitian ini berjudul “Pengembangan Modul Pengelolaan Emosi Siswa SMP
Kelas 9 Melalui Layanan Bimbingan Klasikal di SMP Negeri 16 Pekanbaru”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pengelolaan emosi untuk
siswa kelas 9 SMP Negeri 16 Pekanbaru melalui layanan bimbingan klasikal.
Modul dikembangkan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Namun pada penelitian ini, peneliti
membatasi hanya sampai tahap development atau pengembangan. Masalah yang
diangkat adalah tingginya frekuensi siswa yang mengalami kesulitan mengelola
emosi, khususnya emosi negatif seperti mudah marah. Hasil analisis kebutuhan
menunjukkan bahwa dari 27 siswa, 21 di antaranya memiliki masalah mudah
marah. Permasalahan siswa kelas 9 ini ditemukan dari tahap analisis dengan
menggunakan AUM-Umum untuk mengungkap masalah yang dialami siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and
development). Penelitian dan pengembangan merupakan proses atau metode yang
digunakan untuk memvalidasi dan mengembangkan produk. Produk yang
dikembangkan pada penelitian ini adalah modul pengelolaan emosi. Topik yang
dipilih berdasarkan dengan permasalahan siswa yang mengalami kesulitan
mengelola emosi, terkhusus emosi negatif yaitu mudah marah. Modul yang
dikembangkan telah divalidasi oleh ahli materi, desain, dan bahasa. Uji validitas
menunjukkan bahwa tingkat validitas modul berada pada kategori sangat tinggi atau
sangat layak digunakan dengan hasil skor rata-rata yaitu 3.57 dan hasil rata-rata
persentase yaitu 89.29%. Modul diperbaiki sesuai saran dan masukan dari para
validator. Modul ini diharapkan menjadi alat bantu efektif bagi guru BK dalam
melaksanakan layanan bimbingan klasikal serta membantu siswa dalam
mengembangkan keterampilan pengelolaan emosi.
Kata Kunci: Pengembangan Modul, Pengelolaan Emosi, Bimbingan Klasikal
Tidak tersedia versi lain