CD Skripsi
pengaruh model pembelajaran project citizen terhadap pembentukan profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis pada siswa kelas ix smp negeri 2 tanah putih
Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Project Citizen, Profil Pelajar
Pancasila Dimensi Bernalar Kritis
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil yang diperoleh melalui pra-riset
yakni pembelajaran yang masih bersifat teacher-centered. Pembelajaran dengan
sifat demikian mengakibatkan lemahnya daya nalar ktitis dan antusiasme siswa
karena telah terbiasa menyerap informasi tanpa adanya pendekatan kontekstual
dan interdisipliner. Penerapan model pembelajaran yang bersifat analitikal serta
kolaboratif dapat menjadi jawaban dalam mengatasi permasalahan tersebut.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat
pengaruh model pembelajaran project-citizen terhadap pembentukan profil pelajar
Pancasila dimensi bernalar kritis pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tanah Putih.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran
project-citizen terhadap pembentukan profil pelajar Pancasila dimensi bernalar
kritis pada siswa. Manfaat yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah
memberikan referensi kepada guru sebagai salah satu inovasi yang dapat
diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar.
Penelitian ini adalah penelitian eskperimen dengan Pretest-Posttest
Control Group Design. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan
penyebaran angket Pre-test dan Post-test, lembar observasi wawancara, dan studi
literatur. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 139 siswa dan sampel yang
digunakan sebanyak 37 siswa yang berasal dari total keseluruhan kelas IX-1
sebagai kelas eksperimen dan IX-2 sebagai kelas kontrol.
Tidak tersedia versi lain