CD Skripsi
Belajar Mandiri Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNRI Pada Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan Tahun Ajaran 2008/2009
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui belajar mandiri
mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UR pada mata kuliah Fisiologi
Tumbuhan Tahun Ajaran 2008/2009. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember
sampai Januari 2008/2009. Sampel penelitian adalah mahasiswa yang sedang
mengambil mata kuliah Fisiologi Tumbuhan pada semester ganjil Tahun Ajaran
2008/2009 yang terdiri atas 2 kelas yaitu Kelas Reguler yang berjumlah 47
mahasiswa dan Kelas Nonreguler yang berjumlah 50 mahasiswa. Pengumpulan data
dilakukan dengan teknik angket yang terdiri dari 6 indikator yaitu Cara Mengikuti
Kuliah, Cara Mengatur Waktu Dan Membuat jadwal belajar, Cara Membaca Buku,
Membuat Ringkasan, Cara Mengulangi Pelajaran, Mempersiapkan diri Dalam
Menempuh Ujian. Data dianalisis dengan menggunakan skala bertingkat (Rating
Scale). Dari hasil penelitian didapat bahwa rata-rata pada indikator Cara Mengikuti
Kuliah pada Nonreguler Baik (58,5%), Reguler Baik (62,2%), Cara Mengatur Waktu
Dan Membuat jadwal belajar pada Nonreguler Kurang Baik (13,9%), Reguler Kurang
Baik (10,3%), Cara Membaca Buku pada Nonreguler Kurang Baik (17,8%), Reguler
Kurang Baik (14,9%), Membuat Ringkasan pada Nonreguler Kurang Baik (17,4%),
Reguler Kurang Baik (23,3%), Cara Mengulangi Pelajaran pada Nonreguler Kurang
Baik (28,9%), Reguler Kurang Baik (7,9%), Mempersiapkan diri Dalam Menempuh
Ujian pada Nonreguler Kurang Baik (37,9%), Reguler Kurang Baik (28,3%). Ratarata
profil belajar mandiri mahasiswa Nonreguler Kurang Baik (29,1%), Reguler
Kurang Baik (24,5%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa belajar mandiri
mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UR pada mata kuliah Fisiologi
Tumbuhan Tahun Ajaran 2008/2009 masih tergolong kurang baik.
Kata Kunci : Belajar Mandiri, Pendidikan Biologi, Fisiologi Tumbuhan.
Tidak tersedia versi lain