CD Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Sains Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung (DIRECT INSTRUCTION) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Titian Antui Kecamaan Pinggir Tahun Pelajaran 2008/2009
Telah dilakukan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan
penerapan model pengajaran langsung pada konsep pembuatan makanan pada
tumbuhan hijau dikelas V SDN 3Titian Antui Kec. Pinggir Tahun Pelajaran
2008/2009 .Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober-Nopember 2008 bertempat
di SDN3 TitianAntui Kec. Pinggir .Subjek penelitian ini adalah untuk seluruh siswa
kelas V semester I ,dengan jumlah siswa 30 yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13
siswa perempuan. Parameter penelitian adalah hasil belajar siswa, yang terdiri dari
daya serap dan ketuntasan belajar siswa serta aktivitas siswa dan guru. Data hasil
penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil
belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I daya serap siswaadalah 73,33 (
Baik ),pada siklus II rata-rata daya serap siswa adalah 85,33 ( Amat Baik)
.Ketuntasan siswa pada siklusI adalah 76,67 % (tuntas ) , pada siklus II adalah
93,33% ( tuntas) .Untuk rata-rata aktifitas belajar siswa meningkat dari 52, 93%
(Cukup) pada siklus I menjadi 67,06 % ( Baik ). Pada siklus II ,Rata-rata aktifitas
guru amat baik yaitu 88,89 % pada siklus I dan 100% siklus II.Dari hasil penelitian
diatas dapat disimpulkan bahwa model pengajaran langsung dapat meningkatkan
hasil belajar siswa kelasV SDN 3 Titian Antui Tahun Pelajaran 2008/2009
Tidak tersedia versi lain