CD Skripsi
Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Di Kelas X4 Man 1 Pekanbaru
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan model pembelajaran problem posing pada pembelajaran fisika untuk materi pokok Besaran Vektor. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X4 MAN I Pekanbaru tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 35 orang. Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah tes hasil belajar kognitif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan pada akhir proses pembelajaran dengan mengadakan tes hasil belajar kognitif. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif yang meliputi daya serap, efektivitas pembelajaran, ketuntasan belajar siswa dan ketuntasan tujuan pembelajaran pada materi besaran vektor. Hasil analisis data menunjukkan bahwa daya serap rata-rata siswa adalah 80,6% dengan kategori baik dan efektivitas pembelajaran dengan kategori cukup efektif, ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 80% dengan kategori tidak tuntas dan ketuntasan tujuan pembelajaran secara klasikal adalah 78,6 % dengan kategori tidak tuntas. Dengan demikian model pembelajaran problem posing untuk materi pokok besaran vektor cukup efektif diterapkan pada siswa kelas X4 MAN I Pekanbaru ditinjau dari hasil belajar kognitif. Kata kunci : Hasil belajar kognitif, Model pembelajaran problem posing, Besaran vektor.
Tidak tersedia versi lain