CD Skripsi
Hasil belajar Kognitif Fisika Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMA N 1 Ukui
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar kognitif fisika siswa dalam kegiatan belajar mengajar melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning pada pelajaran Fisika di SMAN 1 Ukui pada Tahun Ajaran 2009/2010 semester ganjil pada materi pokok usaha dan energi. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI IPA yang berjumlah 19 orang, dengan jumlah siswa 9 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan pada akhir proses pembelajaran dengan mengadakan tes keterampilan kognitif. Data dianalisis menggunakan teknik analisa deskriptif yang meliputi daya serap, efektifitas pembelajaran, ketuntasan belajar siswa dan ketuntasan tujuan pembelajaran. Hasil analisa data menunjukkan: daya serap rata–rata adalah 83,7 % dengan kategori baik dan efektivitas pembelajaran dengan kategori efektif. Ketuntasan belajar siswa 94,7% dan ketuntasan tujuan pembelajaran 85,7% dengan kategori tuntas. Dengan demikian, penerapan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pokok usaha dan energi efektif digunakan untuk pembelajaran fisika di SMAN 1 Ukui.
Kata Kunci : Hasil Belajar Kognitif, Pendekatan CTL
Tidak tersedia versi lain