CD Skripsi
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Model Kooperatif Tipe Arias Dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Materi Pokok Alat-Alat Optik Di Kelas X SMA
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research) dengan menggunakan rancangan Four D Model (model 4-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran, tetapi penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Perangkat pembelajaran sains fisika SMA yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembaran kegiatan siswa (LKS), dan tes hasil belajar pada materi pokok alat-alat optik di kelas X SMA. Tempat penelitian di laboratorium Pendidikan Fisika, waktu penelitian dimulai dari bulan Januari 2011 sampai Mei 2011. Teknik pengumpulan data adalah teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yakni mendeskripsikan tentang hasil pengembangan perangkat pembelajaran RPP, LKS, dan Tes Hasil Belajar. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan validitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) rata-rata 3,2 dengan katagori tinggi, Lembaran Kegiatan Siswa (LKS) rata-rata 3,1 dengan katagori tinggi dan Tes Hasil Belajar rata-rata 3,2 dengan katagori tinggi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran sains fisika berorientasi Model Kooperatif Tipe ARIAS dengan Pendekatan Sains Teknologi masyarakat yang dikembangkan memiliki validitas tinggi dan dapat digunakan sebagai perangkat pembelajaran di kelas X SMA pada Materi Pokok Alat-Alat Optik.
Kata kunci : Validitas intrumen, model pembelajaran kooperatif tipe ARIAS, Pendekatan STM.
Tidak tersedia versi lain