CD Skripsi
Hubungan Motivasi Bekerja Terhadap Aktivitas Belajar (Studi Mahasiswa Kuliah Sambil Bekerja Yang Berkuliah Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau)
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui motivasi bekerja pada mahasiswa
yang kuliah sambil bekerja. (2) Mengetahui aktivitas belajar mahasiswa yang kuliah
sambil bekerja. (3) melihat hubungan antara motivasi bekerja dengan aktivitas belajar
mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Motivasi bekerja adalah suatu yang menimbulkan
semangat atau dorongan kerja yang didasarkan atas tiga motif, yaitu motivasi ekstern,
tekanan sosial dan motivasi diri (intern). Aktivitas belajar adalah seluruh kegiatan
mahasiswa dalam proses belajar untuk mencapai tujuan belajar yang memuaskan.
Aktivitas belajar mahasiswa dalam penelitian ini yaitu, kehadiran, tugas-tugas, cara
belajar, prestasi(nilai), frekuensi membeli buku dan alokasi uang saku untuk kegiatan
belajar. Penelitian ini bersifat korelasional yang dilakukan terhadap 52 mahasiswa yang
kuliah sambil bekerja dari ketujuh jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu
Politik Universitas Riau, dengan karakteristik masih aktif kuliah dan mengambil Strata
Satu dari berbagai jurusan.
Hasil penelitian ditemukan bahwa faktor pendorong atau motivasi mahasiswa
untuk bekerja sebagian besar bukan karena tidak tercukupinya biaya yang diberikan oleh
orang tua, tetapi karena ingin mencari pengetahuan atau pengalaman lain di luar
akademik kampus dan melatih hidup mandiri serta memanfaatkan waktu luang. Hanya
sebagian kecil saja faktor ekonomi merupakan salah satu alasan mahasiswa untuk
melakukan dua aktifitas, antara kuliah dengan bekerja.
Aktivitas belajar pada mahasiswa yang bekerja dilihat dari enam kategori
penilaian aktivitas belajar yaitu kehadiran, tugas-tugas, cara belajar, prestasi/nilai,
frekuensi membeli buku alokasi uang saku untuk kegiatan belajar, hasil data yang
diperoleh dari kuesioner menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa yang bekerja
mendahulukan kegiatan/aktivitas di kampus daripada kegiatan bekerjanya jika terjadi
pada waktu yang bersama-sama. Mereka memiliki teman dekat terpercaya yang
mengabarkan keadaan dan situasi akademik di kampus untuk membantu mendiskusikan
tugas serta mencarikan apa yang diperlukan agar dirinya tidak ketinggalan. Prestasi
mahasiswa yang bekerja sebagian besar memiliki rata-rata Indeks Prestasi Komulatif
sebesar di atas rata-rata kelas, dengan kualitas belajar baik atau dengan kategori baik.
Dengan menggunakan uji korelasi Karl Pearson, didapat koefesien korelasi (r)
sebesar 0,282 dengan taraf signifikasi 0,043 (p
Tidak tersedia versi lain