CD Skripsi
penggunaan model pembelajaran pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar pkn siswa kelas iv sd negeri 003 bantanyan baru kecamatan batu hampar kabupaten rokan hilir
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa terhadap pelajaran PKn yang masih tergolong rendah. Permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: apakah penggunaan model pembelajaran pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 003 Bantayan Baru Kecamatan Batu Hampar Kabupaten Rokan Hilir?
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 003 Bantayan Baru Kecamatan Batu Hampar Kabupaten Rokan Hilir. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 003 Bantayan Baru Kecamatan Batu Hampar Kabupaten Rokan Hilir tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Variabel tindakan yang dianalisis adalah penggunaan model pembelajaran pemecahan masalah dan variabel masalah yakni hasil belajar siswa. Data tersebut diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa setelah mengikuti model pembelajaran tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dijelaskan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran pemecahan masalah secara benar maka aktivitas siswa meningkat dan pada gilirannya hasil belajar siswa meningkat pula. Dengan demikian hipotesis yang dirumuskan: Penggunaan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah dapat Meningkatkan Hasil Belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 003 Bantayan Baru Kecamatan Batu Hampar Kabupaten Rokan Hilir terbukti dan “diterima.
Tidak tersedia versi lain