CD Skripsi
Analisis Tingkat Kepuasan Siswa Pada Lembaga Bahasa Dan Pendidikan LIA Pekanbaru
Penelitian ini dilaksanakan di LIA Pekanbaru yang bertempat di Jl. A. Yani No.17 Pekanbaru, Riau yang berlangsung pada bulan Juni-Oktober 2011. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan siswa ditinjau dari tangibles (bukti fisik/langsung), emphaty (empati), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), dan assurance (jaminan dan kepastian) pada Lembaga Bahasa dan Pendidikan LIA Pekanbaru.
Untuk mengetahui kesesuaian antara kepentingan dengan kinerja digunakan suatu pendekatan yang menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) dimana akan dihasilkan persentase kesesuian antara kepentingan dan kinerja, dan untuk pemetaan hasil penelitian digunakan diagram kartesius yang memiliki 4 kuadran.
Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, terdapat tiga variabel yang nilainya berada dibawah angka tingkat kesesuaian yaitu sebesar 86,13%. Masing-masing variabel tersebut yaitu variabel emphaty sebesar 84,35%, variabel tangibles sebesar 84,85, dan variabel reliability sebesar 86,09%. Kuadran A ditempati oleh dua atribut dari variabel berbeda yang perlu untuk ditingkatkan kinerjanya, yaitu tangibles (fasilitas ruang kelas yang memadai) dan emphaty (ketanggapan karyawan/pengajar dengan apa yang diinginkan siswa). Beberapa atribut seperti kenyamanan ruang kelas untuk belajar, kemerataan pelayanan yang diberikan oleh karyawan/pengajar tanpa memandang status sosial, kedisiplinan waktu dengan jadwal, ketanggapan karyawan dalam melayani siswa, dan jaminan nilai akhir ujian disampaikan tepat waktu, berada di kuadran B dan C sehingga dalam pelaksanaannya harus tetap dipertahankan.
Kata kunci: tangibles (bukti fisik/langsung), emphaty (empati), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), dan assurance (jaminan dan kepastian
Tidak tersedia versi lain