CD Skripsi
Penerapan Inovasi Gigades.Id Di Desa Teberau Panjang Kabupaten Kuantan Singingi
Abstrak
Salah satu cara atau strategi untuk menciptakan pelayanan publik yang efetif dan efesien adalah dengan melakukan sebuah inovasi dalam memberikan pelayanan kepada publik. Bentuk inovasi yang terdapat dalam lingkungan pelayanan publik dapat berupa aplikasi pelayanan seperti aplikasi Gigades.id. Aplikasi Gigades.id dibuat dan dikelolah oleh salah satu perusahaan swasta yaitu PT. Phoenix yang berpusat di Kabupaten Kuantan Singingi. Aplikasi Gigades.id dimanfaatkan untuk memberikan pelayanan publik secara digital kepada masyarakat pedesaan. Untuk menerapkan inovasi aplikasi Gigades.id di daerah pedesaan, pihak PT. Phoenix membangun sinergitas atau kerjasama dengan pihak pemerimtah desa. Dasar teori untuk pembahasan dalam studi ini adalah Teori Rogers (2003) tentang penerapan inovasi, yang menjelaskan tentang lima komponen atau indikator tentang penerapan inovasi yaitu keuntungan relatif, kesesuain, kerumitan, kemungkinan dicoba, dan kemudahan diamati. Kajian dalam studi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam studi ini yaitu melalui observasi, wawancara, dokumentasi, yang nantinya akan dianalisis lalu dilakukan pengambilan kesimpulan dari permasalahan yang dibahas dalam studi penelitian. Temuan dari penelitian ini yaitu penerapan inovasi sudah sesuai indikator penerapan inovasi yang dikemukakan Rogers, walaupun dalam proses penerapan inovasinya belum terlalu maksimal. Faktor yang menghambat penerapan Gigades.id yaitu kualitas jaringan internet, sosialisasi, dan SDM.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Inovasi, Aplikasi Gigades.id
Tidak tersedia versi lain