CD Skripsi
Persepsi Mahasiswa Tentang Penggunaan Google Classroom Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Di Program Studi Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Riau
Pendidikan merupakan peran yang sangat penting untuk meningkatkan sumber daya manusia. Perkembangan teknologi membawa perubahan besar semua aspek kehidupan manusia. Di masa pandemi Covid-19 yang telah melanda dunia termasuk Indonesia yang terdampak terhadap pendidikan salah satunya perguruan tinggi. Proses pembelajaran tidak dapat dilakukan tatap muka melainkan dilakukan secara online. Penggunaan media dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi menggunakan media pembelajaran google classroom tentunya harus didukung oleh motivasi mahasiswa dalam proses belajar. Motivasi yang terdapat pada mahasiswa dalam proses pembelajaran yang menggunakan media google classroom agar terlaksana tujuan yang diinginkan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang penggunaan google classroom dan untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa tentang penggunaan google classroom terhadap motivasi belajar mahasiswa di Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Riau. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2020 berjumlah 115 mahasiswa, dengan teknik yang digunakan yaitu simple random sampling dan rumus slovin diperoleh sampel sebanyak 53 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan penyebaran menggunakan fitur google form. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dengan taraf signifikan 5%. Pengolahan data yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 17.
Dari hasil penelitian persepsi mahasiswa tentang penggunaan google classroom memperlihatkan tanggapan yang baik yaitu kemudahan dalam mengakses, dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, menghemat biaya, relevansi waktu dan materi pembelajaran yang tepat, dosen memberikan kesempatan untuk berdiskusi dan bertanya sehingga terciptanya interkaksi antara dosen dan mahasiswa. Fasilitas dan media yang digunakan memudahkan mahasiswa dalam pengumpulan tugas secara online. Hal ini membuat mahasiswa tertarik dalam pembelajaran dan mahasiswa dapat memahami materi yang
disampaikan oleh dosen sehingga membuat mahasiswa semangat dalam belajar
dan meningkatkan motivasi belajar.
Hasil penelitian pada analisis regresi sederhana dilihat dari nilai thitung
12,136 > ttabel 2,001 dengan tingkat siginifikan 0,000 < 0,05. Motivasi diartikan
sebagai suatu kekuatan seseorang yang dapat menimbulkan kemauan dalam diri
untuk melaksanakan suatu kegiatan belajar. Salah satu teknik untuk dapat
mengembangkan kemampuan dan kemauan belajar yaitu menumbuhkan motivasi
belajar pada mahasiswa. Motivasi yang timbul dari diri seseorang dipengaruhi
oleh faktor interal dan faktor eksternal, dimana penggunaan google classroom
merupakan faktor yang mempengaruhi motivasi belajar.
Tidak tersedia versi lain