CD Skripsi
Analisis Keterampilan Komunikasi Dalam Pembelajaran IPS Di SD
Penelitian ini dilatarbelakangi akibat didapatinya indikasi keterampilan komunikasi lisan siswa yang rendah dalam pembelajaran IPS di salah satu sekolah dasar di Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SDN 192 Pekanbaru. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara dan dokumentasi yang diabadikan melalui rekaman video yang kemudian di analisis.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan temuan penelitian keterampilan komunikasi lisan dalam pembelajaran IPS pada siswa ditinjau berdasarkan 10 indikator, antara lain: Pertama, kemampuan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru yang menunjukkan skor rata-rata 73% dengan kategori baik. Kedua, kemampuan menyampaikan kesimpulan pembelajaran dengan tepat yang menunjukkan skor rata-rata 39% dengan kategori kurang baik. Ketiga, kemampuan melakukan presentasi di depan kelas yang menunjukkan skor rata-rata 41% dengan kategori cukup baik. Keempat, kemampuan berbicara menggunakan volume suara yang jelas yang menunjukkan skor rata-rata 68% dengan kategori baik. Kelima, kemampuan berbicara menggunakan bahasa yang mudah dipahami yang menunjukkan skor rata-rata 78% dengan kategori baik. Keenam, kemampuan menghormati lawan bicara dengan baik yang menunjukkan skor rata-rata 70% dengan kategori baik. Ketujuh, kemampuan tidak memotong pembicaraan yang menunjukkan skor 71% dengan kategori baik. Kedelapan, kemampuan menempatkan diri pada lawan bicara yang menunjukkan skor 71% dengan kategori baik. Kesembilan, kemampuan berbicara menggunakan bahasa yang sopan yang menunjukkan skor 77.5% dengan kategori baik. Kesepuluh, kemampuan berbicara menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar yang menunjukkan skor 96% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil perhitungan maka didapatkan rata-rata dari seluruh aspek indikator adalah 67% sehingga dapat disimpulkan keterampilan komunikasi lisan siswa dalam pembelajaran IPS di SD dalam kategori baik.
Tidak tersedia versi lain