CD Skripsi
Hubungan Academic Learning Time-Physical Education (ALT-PE) Dengan Prestasi Akademik Siswa Di SMP Negeri 4 Benai Kabupaten Kuantan Singingi
Rendahnya hasil belajar pendidikan jasmani peserta didik pada sekolah dari semua tingkat satuan pendidikan di Indonesia dapat dijadikan sebagai salah satu indikasi bahwa mutu program pendidikan jasmani di Indonesia masih terbilang rendah. Menurut hasil survey yang dilakukan oleh Pusat Kesegaran Jasmani Depdiknas, diperoleh informasi bahwa hasil pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah secara umum hanya mampu memberikan efek kebugaran jasmani terhadap lebih kurang 15% dari keseluruhan populasi peserta didik (Ditjora, 2002; dalam Depdiknas, 2007). Hal ini menjadi salah satu tantangan yang harus segera di pecahkan oleh setiap guru penjas untuk menciptakan lingkungan dan manajemen pembelajaran yang mendukung terhadap kelancaran pelaksanaan proses pembelajaran sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan oleh guru.
Dalam jurnal Walker (2019) mengatakan bahwa guru memiliki kendali atas jumlah waktu anak-anak dapat mempraktikkan keterampilan kriteria dalam pelajaran tertentu. Persentase tinggi ALT-PE ditemukan untuk aktivitas penelitian tampaknya sedikit dilaporkan lebih dari yang lain. Siendentop (1994) dalam Kahri, (2013: 6) pernah meneliti Academic Learning Time-Physical Education (ALT-PE) yang menegaskan bahwa, “ALT-PE merupakan acuan waktu keberhasilan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jamani hanya berkisar 80% waktu yang efektif, sisanya terbuang karena terjadi pergantian dalam melakukan tugas gerak”.
Pada pembelajaran pendidikan jasmani di SMP Negeri 4 Benai guru-guru telah menerapkan model-model pembelajaran yang bervariasi sehingga dalam pencapaian waktu belajar sangat terbatas, aktu kegiatan siswa sangat terbatas dan pengelolaan waktu yang kurang tepat,sehingga harapannya adalah tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif.Permasalahan ini diduga karena waktu aktif belajar yang digunakan belum maksimal oleh siswa selama proses pembelajaran yaitu waktu dalam kegiatan belajar, jika dalam pembelajaran penjas masih banyak waktu yang terbuang sia-sia contohnya saat mengganti pakaian pemanasan dan menyiapkan peralatan untuk kegiatan pembelajaran, hal ini memang sangat banyak waktu yang terbuang bahkan dalam waktu aktif belajar akan sangat singkat. Penelitian yang mengungkap ALT-PE mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi alasan utama penelitian ini dilakukan sehingga peneliti ingin mengambiljudul: “hubungan academic learning time-physical education (ALT-PE) dengan prestasi akademik siswa di SMP Negeri 4 Benai Kabupaten Kuantan Singingi”.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dalam
penelitian ini akan dikaji lebih mendalam tentang hubungan academic learning
time-physical education (ALT-PE) dengan prestasi akademik siswa di SMP
Tidak tersedia versi lain