Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Problem Based Learning Melalui Blended Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri Plus Provinsi Riau Pada Materi Sistem Ekskresi
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Pengaruh Model Problem Based Learning Melalui Blended Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri Plus Provinsi Riau Pada Materi Sistem Ekskresi

Chindy Arnella / 1805110817 - Nama Orang;

Pendidikan Abad 21 merupakan pendidikan yang mengintegrasikan antara kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kecakapan tersebut dapat dikembangkan melalui model dan metode pembelajaran berbasis aktivitas yang sesuai dengan karakteristik kompetensi dan materi pembelajara (Silviyani et al., 2019). Kecakapan yang dibutuhkan di Abad 21 adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi yang diperlukan siswa untuk mempersiapkan dalam menghadapi tantangan global (Zakaria, 2019).
SMA Negeri Plus Provinsi Riau didapatkan bahwa capaian rerata persentase kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 56,25%, hal tersebut mengindikasikan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih dalam kategori kurang pada pembelajaran biologi. Selama ini model dan metode pembelajaran yang telah digunakan pada materi sistem ekskresi manusia disekolah tersebut menggunakan model Student Team Achievement Division (STAD) dan metode ceramah dan demonstrasi, namun mengindikasi kurang efektif dalam proses pembelajaran melatih siswa berpikir HOTS. Pada proses pembelajaran biologi, materi sistem ekskresi dikategorikan sulit oleh siswa karena sistem ekskresi ini memiliki karakteristik materi yang abstrak berisi serangkaian proses yang melibatkan kerja organ pada manusia sehingga diperlukaanya kemampuan menganalisis dan mensintesis (Qumilaila et al., 2017).
Berdasarkan masalah diatas untuk mengantisipasi masalah tersebut, maka diperlukan suatu model dan metode pembelajaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning melalui Blended Learning
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri Plus Provinsi
Riau pada materi sistem ekskresi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Penelitian
dilaksanakan di kelas XI SMA Negeri Plus Provinsi Riau pada bulan Januari –
Desember 2022. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA
Negeri Plus Provinsi Riau yang berjumlah 4 kelas. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah random sampling. Parameter yang diteliti adalah
kemampuan berpikir kritis siswa yang mencakup 5 indikator yaitu: menganalisis,
mensintesis, mengenal dan memecahkan masalah, menyimpulkan, dan
mengevaluasi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan soal test
kemampuan berpikir kritis siswa dan observasi kemampuan berpikir kritis siswa.
Berdasarkan hasil analisis penelitian, keterampilan berpikir kritis siswa kelas
eksperimen diperoleh nilai N-gain pada indikator menganalisis sebesar 59 (cukup
efektif), indikator mensintesis diperoleh nilai N-gain 72 (cukup efektif), indikator
mengenal dan memecahkan masalah diperoleh nilai N-gain 64 (cukup efektif),
indikator menyimpulkan diperoleh nilai N-gain 77 (efektif), sedangkan pada
indikator mengevaluasi hanya peroleh nilai N-gain 43 (kurang efektif), rata-rata
N-gain adalah diperoleh nilai N-gain 63 (cukup efektif).
Secara keseluruhan model PBL melalui BL cukup efektif untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dikarenakan PBL melalui BL menuntun
siswa untuk menghadapi permasalahan yang ada pada kehidupan sehari-hari
dengan melatih cara berpikir yang lebih dalam. Model pembelajaran PBL melalui
BL membuat siswa terlibat dalam pembelajaran baik dilakukan secara Daring
maupun Luring, siswa dapat mengkombinasikan belajar mandiri dimana saja dan
kapan saja (self-pase learning) dengan adanya kolaborasi antara siswa sehingga
siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar (Collaboration) dan siswa bisa
menemukan sendiri konsep-konsep tentang materi yang sedang dipelajari
menggunakan bahan belajar yang disiapkan dalam bentuk digital yang dapat di
akses siswa baik secara Daring atau Luring (Performance support materials).
Maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning melalui Blended
Learning berpengaruh signifikan terhadap


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 1805110817
1805110817
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
1805110817
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau – Fkip – Pendidikan Biologi., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
1805110817
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
FATAH
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • COVER
  • DAFTAR ISI
  • ABSTRAK
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II KAJIAN TEORI
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL PENELITIAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?