CD Skripsi
Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Homeroom Terhadap Peningkatan Resiliensi Siswa Di SMPN 46 Pekanbaru
Peralihan dari sekolah dasar menuju jenjang sekolah menengah pertama merupakan masa yang tidak mudah. Bagaimanapun mereka harus menghadapi banyak tantangan baru yang bahkan tidak mereka temukan di sekolah dasar. Lingkungan yang baru ini dapat menimbulkan masalah bagi siswa yang tidak mampu menyesuaikan diri sehingga akan menyebabkan siswa tidak membuat tugas, tidak memiliki teman serta hasil belajar yang kurang maksimal. Agar siswa lebih siap menghadapi serta mengatasi setiap kesulitan, maka siswa perlu untuk meningkatkan resiliensi. Salah satunya dengan cara bimbingan kelompok.
Penelitian ini diberi judul “Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Homeroom Terhadap Peningkatan Resiliensi Siswa Di SMPN 46 Pekanbaru”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik homeroom terhadap peningkatan resiliensi siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek penelitin ini berjumlah 7 siswa yang memiliki resiliensi dengan kategori rendah . Selanjutnya dianalisis menggunakan rumus Rank Spearman dan Wilcoxon.
Hasil perhitungan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom berpengaruh 42,6% pada peningkatan resiliensi siswa. Jadi, bimbingan kelompok berpengaruh dalam meningkatkan resiliensi siswa namun tidak signifikan.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Homeroom, Resiliensi.
Tidak tersedia versi lain