CD Skripsi
Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Peningkatan Subjective Well-Being Pada Siswa SMPN 46 Pekanbaru
Pada tingkat remaja sendiri individu sedang mengalami sebuah proses yang berlangsung kompleks pada aspek biologis, psikologis, emosi, kognitif, dan sosial (Eryilmaz,2011). Proses yang kompleks tersebut juga dapat memengaruhi bagaimana seseorang remaja mengavaluasi kehidupannya, yang tentunya berhubungan dengan tingkat subjective well-being mereka. Remaja yang memiliki subjective well-being yang rendah akan selalu merasa kurang puas dengan hidupnya, jarang merasa bahagia, dan lebih sering merasakan emosi yang tidak menyenangkan, seperti marah atau cemas. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan klasikal terhadap peningkatan subjective well-being siswa.
Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitiannya adalah one group pretest-posttest design, yaitu satu kali pemberian tes sebelum dan satu kali pemberian tes sesudah. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS 24.
Tingkat subjective well-being sebelum diberikan layanan bimbingan klasikal dominan berada di kategori sedang, sedangkan tingkat subjective well-being sesudah diberikan layanan bimbingan klasikal dominan berada pada kategori tinggi. Terdapat peningkatan subjective well-being peraspek, dan aspek yang paling tinggi meningkatnya adalah afektif. Terdapat perbedaan yang signifikan pada subjective well- being siswa SMPN 46 Pekanbaru sebelum diberikan layanan bimbingan klasikal dan sesudah diberikan layanan bimbingan klasikal. Dan layanan bimbingan klasikal berpengaruh dalam meningkatkan subjective well-being siswa.
Kata Kunci: Bimbingan, Klasikal, Subjective Well-Being
Tidak tersedia versi lain