CD Skripsi
Keterampilan Guru Paud Dalam Memberikan Penguatan Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid –19 Di TK Islam Lawiyah Dan TK Nurul Aulia Syam Kota Pekanbaru
Berdasarkan pengamatan penulis di lapangan terhadap
keterampilan guru PAUD dalam memberikan penguatan pembelajaran, guru TK Islam Lawiyah
dan guru TK Nurul Aulia Syam telah berupaya untuk menerapkan keterampilan yang dimiliki
dalam memberikan penguatan kepada anak usia dini. Dari penelitian di lapangan penulis
memperoleh atau melihat : (1) Guru memberikan penghargaan atau pujian kepada tingkah laku
anak atau hasil kerja anak dengan kata-kata dan kalimat. (2) Guru memberikan pujian atau
penghargaan kepada anak dengan mimik dan gerak badan, dengan simbol atau benda, dengan
mendekati dan dengan sentuhan. (3) Guru juga memberikan penghargaan atau pujian kepada
kelompok anak. Guru pada jenjang pendidikan anak usia dini yang berperan sebagai pendidik,
perlu untuk mencari cara bagaimana rasa percaya diri dan semangat belajar anak dapat tumbuh
terutama pada saat pelajaran berlangsung.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan guru TK Islam Lawiyah dan
guru TK Nurul Aulia Syam dalam memberikan penguatan yang di sesuaikan dengan masa
pembelajaran tatap muka terbatas, serta untuk mengetahui jenis dan cara menggunakan
penguatan dalam pembelajaran anak usia dini. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan
metode penelitian deskriptif kualitatif, Penelitian deskriptif kualitatif adalah gabungan penelitian
deskriptif dan kualitatif. Jenis penelitian deskriptif kualitatif menampilkan hasil apa adanya tanpa
manipulasi atau perlakuan lain. Metode yang digunakan peneliti yaitu teknik pengumpulan data
berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dimana peneliti turun langsung untuk observasi
melihat langsung dan mewawancarai secara langsung Guru TK Islam Lawiyah dan Guru TK
Nurul Aulia Syam, lalu mendokumentasikan dalam bentuk gambar untuk mendukung ke absahan
wawancara tersebut. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah guru pendidikan anak
usia dini yang berjumlah 7 orang guru di dua TK Kelurahan Tangkerang Tengah. Sampel dalam
penelitian ini adalah 7 orang guru yang terdiri dari 4 orang Guru TK Islam Lawiyah dan 3 orang
Guru TK Nurul Aulia Syam.
Tidak tersedia versi lain