CD Skripsi
Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Kualitas Layanan Aplikasi Shopee Menggunakan Metode Electronicservice Quality (E-Servqual)
ABSTRAK
Shopee adalah aplikasi marketplace onlineyang dapat diakses melalui smartphone. Dengan adanya aplikasi ini berbelanja dan berjualan dapat dengan mudah dilakukan. Dibalik kemudahan dan keuntungan tersebut, tentu sedikit banyaknya ada kekurangan yang dirasakan para pengguna terhadap aplikasi seperti respon aplikasi lambat yang dapat mempengaruhi kualitas pelayanan. Oleh karena itu diperlukan suatu analisis untuk mengukur sejauh mana sistem tersebut memberikan layanan kepada pengguna.Jumlah responden penelitian ini adalah 100 (seratus) orang mahasiswa aktif Universitas Riau pada tahun 2021 yang menggunakan aplikasi Shopee. Pada penelitian ini menggunakan metode E-Servqual, yang terdiri dari 7 (tujuh) dimensi yaitu,efficiency, reliability, fulfillment, privacy, contact, responsiveness dan compensation. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Matriks Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil perhitungan keseluruhan didapatkan Indeks Kepuasan Pengguna (IKP) sebesar 72,79% yang artinya pengguna merasa cukup puas atas layanan yang diberikan aplikasi Shopee.
Kata Kunci : Analisis, Kepuasan Pengguna, Aplikasi Shopee, E-Servqual, IPA.
Tidak tersedia versi lain