CD Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 22 Pekanbaru Kota Pekanbaru
ABSTRAK
Nama : Eli Yensi. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas VIII3 SMP
Negeri 22 Pekanbaru
Kata kunci : Model Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran
Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII3 SMP Negeri 22
Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan model pembelajam Jigsaw dan
diselenggarakan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII3 SMP
Negeri 22 Pekanbaru, maka tempat atau setting penelitian ini dilaksanakan di SMP
Negeri 022 Pekanbaru Kota Pekanbaru dengan mata pelajaran EPS Ekonomi pada
semester genap Tahun Ajaran 2009/2010.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui Aktivitas guru dalam menggunakan
model pembelajaran Jigsaw, jika pada siklus I guru sudah melakukan dengan “baik”.
Hal ini sesuai hasil pengamatan dimana aktivitas guru memperoleh persentase sebesar
67.5%. Siklus II guru sudah melakukan dengan “baik” dengan persentase 77.5%.
Siklus III guru sudah melakukan dengan “sangat baik”. Namun sudah menunjukkan
adanya peningkatan dengan persentase 95%. Hasil pengamatan aktivitas guru pada
siklus IV menunjukkan adanya peningkatan dengan persentase sebesar 100% dengan
kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran pada siklus I
diperoleh persentase sebesar 53.1% atau dengan kategori “cukup”, pada siklus II
meningkat menjadi 65% dengan kategori “baik”, pada siklus III meningkat menjadi
78.8% atau dengan kategori “baik” dan pada siklus IV meningkat menjadi 84.4% atau
dengan kategori “sangat baik”.
Demikian pula dengan hasil belajar dengan perolehan nilai rata-rata hasil
belajar siswa yang terus terjadi peningkatan, yaitu dari 67.13 dengan kategori cukup
pada siklus I menjadi 69.75 dengan kategori cukup pada siklus II, kemudian
meningkat menjadi 73.88 dengan kategori baik pada sildus III dan pada siklus empat
mencapai hingga perolehan 80.75 dengan kategori baik.
Tidak tersedia versi lain