CD Skripsi
Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pelanggan Memilih Jasa Pengiriman Barang Pada Pt. Pos Indonesia Cabang Utama Pekanbaru
ABSTRAK
Habib. 2009. Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pelanggan Memilih Jasa
Pengiriman Barang pada PT. Pos Indonesia Cabang Utama Pekanbaru.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan P. IPS FKIP Universitas
Riau. Pembimbing (I) Drs. Suarman, M.Pd, (II) Drs. Ngadlan.
Kata kunci : Keputusan Pembelian, Faktor Pelayanan, Faktor Kualitas Produk,
Faktor Tarif / Harga, Faktor Promosi, Faktor Distribusi, Dan Faktor
Persaingan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
keputusan pelanggan dalam memilih jasa pengiriman barang pada PT. Pos Indonesia
Cabang Utama Pekanbaru. Untuk memperkecil ruang lingkup penelitian ini, maka
dari beberapa produk jasa yang ada di PT. Pos Indonesia Cabang Utama Pekanbaru
maka yang diteliti hanya pengiriman barang saja dan faktor yang diteliti hanya focus
pada faktor yang berasal dari luar (ekstemal) diri pelanggan saja. Penelitian ini
dilakukan dari bulan Desember 2008 sampai dengan bulan April 2009 dengan teknik
pengumpulan data melalui dokumentasi dan penyebaran kuisioner kepada
perusahaan pelanggan yang menggunakan jasa pengiriman barang pada PT. Pos
Indonesia Cabang Utama Pekanbaru serta data dianalisis dengan menggunakan
analisis faktor yang merupakan pendekatan statistik yang dapat digunakan untuk
menganalisis sejumlah besar variabel (sub variabel) dan untuk menjelaskan dimensidimensi
(disebut faktor) apakah yang melandasi variabel tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa; (a). Secara umum faktor
yang mempengaruhi keputusan pelanggan memilih jasa pengiriman barang pada PT.
Pos Indonesia Cabang Utama Pekanbaru berasal dari luar diri pelanggan adalah
faktor pelayanan, faktor kualitas produk, faktor tarif / harga, faktor promosi, faktor
distribusi dan faktor persaingan; (b). Berdasarkan analisis faktor diketahui bahwa
terdapat 3 faktor baru yang mewakili variabel (sub variabel) asli, dimana 3 faktor
barn ini diberi nama dengan menggunakan judgement (pendapat) peneliti yaitu untuk
faktor 1 (Xl=pelayanan, X2=tarif, X3=promosi) dinamakan dengan faktor pengaruh
layanan produk, untuk faktor 2 (Xl=kualitas produk, X2=persaingan) dinamakan
deferensiasi produk, untuk faktor 3 (Xl=distribusi) dinamakan saluran distribusi.
Ketiga factor baru yang dihasilkan tersebut merupakan pengembangan dari teori
yang ada, sebab telah mencakup kedalam teori-teori sebelumnya. Berdasarkan hasil
analisis dari tanggapan responden diatas, penulis menyarankan kepada PT. Pos
Indonesia Cabang Utama Pekanbaru agar dapat melakukan peningkatan kegiatan
yang berhubungan dengan ketiga faktor yang mempengaruhi tersebut mulai dari
memberikan pelayanan yang optimal sehingga para pelanggan puas dengan
layanannya, memberikan harga yang bersaing, dan memaksimalkan promosi.
Tidak tersedia versi lain