CD Skripsi
Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Bermain Label Iklan Untuk Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Aba 2 Bangkinang
ABSTRAK
Mardiyah, 2010. Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui
her main Label Iklan Untuk Anak Usia 4-5 Tabun Di TK ABA 2 Bangkinang.
Skripsi. Pekanbaru. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.
Latar belakang penelitian ini adalah kurang meningkatnya kemampuan anak dalam
membaca awal, yang mana kemampuan anak hanya sampai pada pengenalan huruf
abjad saja. Anak jenuh dan kurang tertarik dengan cara membaca menggunakan
gam bar yang sering dilakukan guru, sehingga penulis mencoba metode barn untuk
meningkatkan kemampuan membaca anak dengan cara menggunakan label yang
menarik bagi anak, seperti label pada minuman, makanan, mainan dan lain
sebagainya. Rumusan dalam masalah dalam penelitian ini adalah, apakah bermain
label iklan dapat meningkatkan kemampuan membaca anak dan berapa persen
tingkat kemampuan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan
membaca anak usia 4-5 tahun di TK ABA 2 Bangkinag.
Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan ini
dilakukan terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas tahapan
perencanaan, tindakan, pengamatan atau observasi dan refleksi, Lembaran observasi
diambil dari kurikulum TK tahun 2004. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 22
orang, yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Data diambil dari
hasil evaluasi setiap akhir siklus. Penelitian ini melibatkan satu orang teman sejawat
sebagai pengamat.
Berdasarkan data dan hasil dari persentase peningkatan pada siklus I yaitu 18%dan
peningkatan siklus ke II mencapai 25% maka dengan demikian dapat dsimpulkan
bahwa dengan bermain label iklan dapat meningkatkan kemampuan membaca anak
usia 4-5 tahun di TK ABA 2 Bangkinang.
Tidak tersedia versi lain