CD Skripsi
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di Sma Negeri2 Siak Hulu Kabupaten Kampar
RINGKASAN
Pendidikan berperan penting bagi kemajuan seseorang. Seiring dengan
perkembangan zaman, pendidikan terns mengalami perubahan karena pendidikan
merupakan bagian kebutuhan yang mendesak setiap manusia. Di dalam proses
belajar mengajar ini, guru dan siswa berhadapan langsung. Terlaksananya
pendidikan melalui proses belajar mengajar pada dasamya merupakan inti dari
pendidikan secara keseluruhan di mana guru sebagai peran utamanya. Akan tetapi
masih banyak siswa yang belum menyadari akan pentingnya pendidikan. Mereka
menganggap belajar disekolah merupakan suatu keharusan yang dijalankan tanpa
berfikir tujuan yang diharapkan dari belajar tersebut. Melihat kondisi seperti ini,
para ahli pendidikan telah menemukan model-model pembalajaran yang sangat
bervariatif sehingga siswa merasa senang, bersemangat, aktif dalam belajar dan
berfikir bahwa mata pelajaran ekonomi bukanlah pelajaran yang membosankan
untuk dipelajari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa
melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD {Student Teams Achievement
Division) pada mata pelajaran ekonomi. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek
penelitian adalah siswa kelas X2 SMA Negeri 2 Siak Hulu Kabupaten Kampar.
Teknik analisis data yang dilakukan secara: 1. Deskriptif yaitu menganalisis data
tentang motivasi belajar siswa baik sebelum maupun sesudah perlakuan dengan
penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD {Student Teams
Achievement Division). 2. Analisis Inferensial yaitu untuk menguji ada tidaknya
peningkatan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model
pembelajaran Kooperatif Tipe STAD {Student Teams Achievement Division)
dengan menggunakan Sign Test (uji tanda) Dari hasil penelitian dapat di
simpulkan bahwa: Melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD {Student
Teams Achievement Division) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Setelah
menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD {Student Teams
Achievement Division) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X2 di SMA Negeri 2
Siak Hulu Kabupaten Kampar, motivasi belajar siswa meningkat yaitu dari ratarata
3,42% menjadi 4,07%, sedangkan perubahan motivasi sangat tinggi yaitu
sebesar 7,48%.
Tidak tersedia versi lain