CD Skripsi
Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Psikomotor Ipa Fisika Pada Siswa Kelas Vffl2 Smpn 2 Pekanbaru
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model
Learning Cycle terhadap keterampilan psikomotor 1PA Fisika di kelas VIII2
SMPN 2 Pekanbam pada materi pokok bunyi tahun ajaran 2008/2009. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII2 SMP Negeri 2 Pekanbaru tahun ajaran
2008/2009 yang beijumlah 36 orang, tetapi untuk mengetahui efektivitas
penerapan model Learning Cycle keterampilan psikomotor siswa hanya diambil
12 siswa sebagai subjek penelitian. Instrumen pengumpulan data adalah lembaran
penilaian tes hasil belajar psikomotor. Data dianalisis menggunakan teknik
analisis deskriptif yang meliputi aspek relevansinya dengan materi pelajaran dan
karakterisik siswa pada materi pokok bunyi. Hasil analisis data menunjukkan
bahwa ketuntasan materi pelajaran sebesar 100%, karakteristik siswa 83.3%,
efektivitas pembelajaran siswa dikategorikan efektif. Dengan demikian penerapan
model Learning Cycle pada materi pokok bunyi efektif diterapkan di kelas VIII2
SMP Negeri 2 Pekanbaru.
Kata kunci: Efektivitas Penerapan Model Learning Cycle, Terhadap
Keterampilan Psikomotor
Tidak tersedia versi lain