CD Disertasi
Penggunaan Media Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Dl Sd 005 Kualo Tolam Kecamatan Pelalawan Kabupaten Pelalawan Tahun Pelajaran 2008/2009
ABSTRAK
Weri Zakaria, 2009, Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan
Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Pembimbing: (1) Dr. Hj.
Makhdalena, SE,M. Si.Ak, (2) Drs. Sumarno. M.Pd, M.Si
Kata Kunci: Penggunaan metode bermain peran, hasil belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan nilai siswa pada mata pelajaran
IPS Kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPS konsep perjuangan para tokoh daerah
dalam melawan penjajah Belanda di SD 005 Kuala Tolam melalui penggunaan
metode bermain peran. Metode penelitian “Penelitian Tindakan Kelas (PTK)”
melibatkan 27 orang siswa SD kelas V. Data dijaring dari hasil belajar siswa.
Hasil analisis data menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD 005
Kuala Tolam. Analisis dari observasi dari observer dapat disimpulkan bahwa
metode bermain peran yang digunakan sangat disenangi siswa. Nilai rata-rata
siswa meningkat dari siklus 1 dan siklus berikutnya yaitu 95,6 % (siklus II).
Tergambar juga bahwa pada umumnya nilai siswa sudah tuntas walaupun pada
umumnya masih pada nilai batas tuntas (KKM 60). Pada siklus 3 mencapai 100 %
dengan daya serap berada pada kisaran sedang, kebanyakan tinggi, dan sangat
tinggi dan berada pada kondisi tuntas semuanya. Pada siklus 3 terlihat bahwa
grafik tertinggi adalah nilai siswa yang memperoleh nilai sangat tinggi.
Disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil
belajar siswa SD Negeri 005 kelas V Tahun Pelajaran 2008/2009.
Tidak tersedia versi lain