Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penggunaan Media Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Dl Sd 005 Kualo Tolam Kecamatan Pelalawan Kabupaten Pelalawan Tahun Pelajaran 2008/2009
Penanda Bagikan

CD Disertasi

Penggunaan Media Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Dl Sd 005 Kualo Tolam Kecamatan Pelalawan Kabupaten Pelalawan Tahun Pelajaran 2008/2009

WERl ZAKARIAH / 0605166857 - Nama Orang;

ABSTRAK
Weri Zakaria, 2009, Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan
Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Pembimbing: (1) Dr. Hj.
Makhdalena, SE,M. Si.Ak, (2) Drs. Sumarno. M.Pd, M.Si
Kata Kunci: Penggunaan metode bermain peran, hasil belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan nilai siswa pada mata pelajaran
IPS Kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPS konsep perjuangan para tokoh daerah
dalam melawan penjajah Belanda di SD 005 Kuala Tolam melalui penggunaan
metode bermain peran. Metode penelitian “Penelitian Tindakan Kelas (PTK)”
melibatkan 27 orang siswa SD kelas V. Data dijaring dari hasil belajar siswa.
Hasil analisis data menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD 005
Kuala Tolam. Analisis dari observasi dari observer dapat disimpulkan bahwa
metode bermain peran yang digunakan sangat disenangi siswa. Nilai rata-rata
siswa meningkat dari siklus 1 dan siklus berikutnya yaitu 95,6 % (siklus II).
Tergambar juga bahwa pada umumnya nilai siswa sudah tuntas walaupun pada
umumnya masih pada nilai batas tuntas (KKM 60). Pada siklus 3 mencapai 100 %
dengan daya serap berada pada kisaran sedang, kebanyakan tinggi, dan sangat
tinggi dan berada pada kondisi tuntas semuanya. Pada siklus 3 terlihat bahwa
grafik tertinggi adalah nilai siswa yang memperoleh nilai sangat tinggi.
Disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil
belajar siswa SD Negeri 005 kelas V Tahun Pelajaran 2008/2009.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 0605166857
0605166857
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
0605166857
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau - FKIP - Pendidikan Ekonomi., 2009
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
0605166857
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN EKONOMI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
tethi
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • ABSTRAK
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II TINJAUAN PUSTAKA
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
  • BAB V KESIMPULAN
  • COVER
  • DAFTAR ISI
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?