CD Skripsi
Keterampilan Sosial Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Melalui Penerapan Model Kooperatif Dengan Pendekatan Struktural Poe Di Kelas X2 Man Lipat Kain
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan sosial siswa
dalam pembelajaran sains fisika melalui penerapan model kooperatif tipe
Prediction, Observation and Exportation (POE) di MAN Lipat Kain pada materi
pokok Optika Geometrik. Instrumen pengumpulan data penelitian adalah lembar
pengamatan keterampilan sosial. Teknik pengumpulan data adalah observasi. Data
dianalisis secara deskriptif yang meliputi 5 indikator yaitu berada dalam tugas,
mengambil giliran dan berbagi tugas, mendorong partisipasi, mendengarkan
dengan aktif dan mengajukan pertanyaan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa
keterampilan sosial siswa umumnya meningkat tiap pertemuan. Pada pertemuan I
diperoleh hasil rata-rata keterampilan sosial siswa sebesar 60%, pertemuan II
sebesar 78% dan pada pertemuan III rata-rata keterampilan sosial siswa
meningkat menjadi 82%. Rata-rata tingkat keterampilan sosial siswa 66,7%
berada pada kategori tinggi, 23,3% pada kategori sedang dan 10% pada kategori
rendah. Dengan demikian, penerapan model kooperatif tipe POE dapat
melatihkan keterampilan sosial siswa di MAN Lipat Kain.
Kata kunci: keterampilan sosial, model pembelajaran POE
Tidak tersedia versi lain