CD Skripsi
Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas III SD Negeri 012 Sungai Beringin Kecamatan Rengat
ABSTRAK
Mumiati 2009. Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Minat Belajar
Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas III SD Negeri 012 Sungai
Beringin Kecamatan Rengat.
Kata Kunci: Media Gambar, Minat Belajar
Berdasarkan hasil identifikasi masalah di Sekolah Dasar Negeri 012 Sungai
Beringin Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu, menunjukkan kurangnya
penggunaan media gambar dalam proses pembelajaran, terutama pada mata pelajaran
IPS, dimana masih seringnya guru menggunakan metode ceramah.
Fenomena di atas juga terjadi pada SD Negeri 012 Sungai Beringin Kecamatan
Rengat terutama pada mata pelajaran IPS di kelas III, dimana dari 26 siswa hanya
sedikit siswa yang mendapatkan nilai di atas standar ketuntasan belajar minmal yaitu
65 (enam puluh lima), sehingga perlu dilakukan upaya pengembangan pembelajaran
yang inspiratif, inovatif, menantang dan menyenangkan atau dapat memberikan respon
positif kepada siswa untuk meningkatkan hasil belajar yang lebih baik.
Masalah yang diangkat dalam penehtian adalah “apakah penggunaan media
gambat dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas III pada mata pelajatan IPS di
SD Negeri 012 Sungai Beringin Kecamatan Rengat”.
Penelitian ini bertujuan dengan penggunaan media gambar untuk mengetahui
peningkatan minat belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 012
Sungai Beringin Kecamatan Rengat. Penehtian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 012 Sungai Beringin Kecamatan Rengat
pada semester genap tahun 2008/2009. data penelitian dikumpulkan melalui tes hasil
belajar, lembaran observasi kegiatan siswa dan guru. Data dianalisis dengan paparan
antar siklus.
Hasil analisis menunjukkan bahwa : (1) penggunaan media gambar dapat
meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS, (2) prinsip-prinsip
penerapan media gambar yang efektif dalam pembelajaran dapat memperbaiki pola
pembelajaran dan dapat meningkatkan minat belajar siswa khususnya pada mata
pelajaran IPS kelas III di SD Negeri 012 Sungai Beringin Kecamatan Rengat.
Implikasi dan penelitian ini adalah penggunaan media gambar dalam pembelajaran
dapat meningkatkan minat belajar siswa dan mempermudah pemahaman siswa dalam
menerima mated pelajaran.
Tidak tersedia versi lain