CD Skripsi
Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Art Therapy Untuk Mengatasi Burnout Akademik Siswa Sma Negeri 8 Pekanbaru
Burnout akademik pada siswa terjadi karena proses belajar siswa telah sampai pada batas kemampuan psikologis dan jasmaniahnya, karena bosan dan kelelahan, dan beberapa faktor eksternal seperti kurangnya penghargaan serta perlakuaan buruk. kejenuhan belajar juga dapat muncul dari kelelahan yang berasal dari fisik, emosi, dan penurunan motivasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik Art therapy untuk mengatasi Burnout Akademik siswa SMA Negri 8 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Subjek penelitian ini dipilih secara purposive sampling. sampel diambil sebanyak 10 siswa yang memiki kategori burnout akademik yang tinggi berdasarkan skala pengukuran yang akan mendapatkan perlakuan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Art therapy. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket. teknik analisis data menggunakan analisis statistic non parametic dengan uji wilcoxon rank spearman.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat diketahui bahwa peluang hasil uji wilcoxon menunjukkan Asymp sig (2-tailed) sebesar 0,00 < α (0,05) Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan tingkat burnout akademik sebelum dengan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik art therapy. Dengan demikian hipotesis penelitian dapat diterima yaitu layanan bimbingan kelompok dengan teknik art therapy dapat mengatasi burnout akademik siswa. Dan perhitungan koefisien determinasi tersebut menyatakan bahwa besarnya kontribusi Bimbingan Kelompok dengan teknik Art therapy untuk mengatasi burnout akademik siwa sebesar 76%, sedangkan 24% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari dalam diri sisiwa maupun dari lingkungan siswa tersebut. Sehingga hipotesis menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan bimbingan kelompok dengan teknik art therapy untuk mengatasi burnout akademik siswa di SMA Negri 8 Pekanbaru.
Kata Kunci: Art therapy, Bimbingan Kelompok, Burnout Akademik
Tidak tersedia versi lain