CD Skripsi
0penerapan Pendekatan0steam (Science, Technology, 0enginering, Art And Mathematics) Dalam Pembelajaran Pjok Materi Beladiri0pencak Silat Pada0kelas Ix 0mts Hubbul Bilad
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan keefektifan pendekatan STEAM jika diterapkan pada pembelajaran PJOK materi beladiri pencak silat. Masalah penelitian ini disebabkan oleh kurangnya minat peserta didik dalam proses pembelajaran, dan juga peserta didik belum aktif (pasif) dalam menerima materi yang diberikan, serta kurangnya variasi tenaga pendidik dalam memberikan materi sehingga mempengaruhi nilai kognitif dan psikomotor peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan metode penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan pendekatan STEAM dengan metode PBL pada materi pencak silat di kelas IX B MTs Hubbul Bilad telah berhasil meningkatkan keterlibatan dan prestasi belajar peserta didik, baik secara individu maupun secara keseluruhan. Hal ini terlihat dari capaian pembelajaran pada siklus 1, dimana 56% peserta didik (14 orang) mencapai tingkat ketuntasan dengan nilai rata-rata 72,00 untuk aspek pengetahuan dan 24% peserta didik (6 orang) mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 70,56 untuk aspek keterampilan. Selanjutnya, pada siklus 2, persentase ketuntasan belajar meningkat menjadi 80% (20 orang) dengan nilai rata-rata 83,20 untuk pengetahuan dan 96% (24 orang) dengan nilai rata-rata 80,68 untuk keterampilan. Proses pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM dengan metode PBL harus disesuaikan dengan RPP yang telah disusun, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, baik dalam hal pemahaman materi pencak silat maupun penguasaan keterampilan.
Kata Kunci : STEAM, PJOK, Pencak Silat
Tidak tersedia versi lain