Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of 0penerapan Pendekatan0steam (Science, Technology, 0enginering, Art And Mathematics)  Dalam Pembelajaran Pjok Materi Beladiri0pencak Silat Pada0kelas Ix 0mts Hubbul Bilad
Penanda Bagikan

CD Skripsi

0penerapan Pendekatan0steam (Science, Technology, 0enginering, Art And Mathematics) Dalam Pembelajaran Pjok Materi Beladiri0pencak Silat Pada0kelas Ix 0mts Hubbul Bilad

Febrika Anwar / 2005113758 - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan keefektifan pendekatan STEAM jika diterapkan pada pembelajaran PJOK materi beladiri pencak silat. Masalah penelitian ini disebabkan oleh kurangnya minat peserta didik dalam proses pembelajaran, dan juga peserta didik belum aktif (pasif) dalam menerima materi yang diberikan, serta kurangnya variasi tenaga pendidik dalam memberikan materi sehingga mempengaruhi nilai kognitif dan psikomotor peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan metode penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan pendekatan STEAM dengan metode PBL pada materi pencak silat di kelas IX B MTs Hubbul Bilad telah berhasil meningkatkan keterlibatan dan prestasi belajar peserta didik, baik secara individu maupun secara keseluruhan. Hal ini terlihat dari capaian pembelajaran pada siklus 1, dimana 56% peserta didik (14 orang) mencapai tingkat ketuntasan dengan nilai rata-rata 72,00 untuk aspek pengetahuan dan 24% peserta didik (6 orang) mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 70,56 untuk aspek keterampilan. Selanjutnya, pada siklus 2, persentase ketuntasan belajar meningkat menjadi 80% (20 orang) dengan nilai rata-rata 83,20 untuk pengetahuan dan 96% (24 orang) dengan nilai rata-rata 80,68 untuk keterampilan. Proses pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM dengan metode PBL harus disesuaikan dengan RPP yang telah disusun, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, baik dalam hal pemahaman materi pencak silat maupun penguasaan keterampilan.
Kata Kunci : STEAM, PJOK, Pencak Silat


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 2005113758
2005113758
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2005113758
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau FKIP Pendidikan Kepelatihan Olahraga., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2005113758
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Melda
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • COVER
  • RINGKASAN
  • DAFTAR ISI
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II KAJIAN PUSTAKA
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?