CD Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Heuristik Vee Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Pemanasan Global Kelas X Sman 2 Pekanbaru
Salah satu tujuan dalam pendidikan yang paling penting adalah mengajarkan peserta didik tentang hakikat ilmu sains bagaimana untuk terlibat dalam penyelidikan selanjutnya. Hasil dari penyelidikan tersebut menghasilkan produk, produk menghasilkan fakta, konsep, prinsip, teori, dan hukum. Fisika adalah bidang ilmu yang menyelidiki hubungan antara fenomena alam. Mencari tahu adalah cara untuk mempelajari fenomena alam dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain. Oleh karena itu, pengetahuan yang dihasilkan berasal dari penemuan, fisika terdiri produk, proses, dan sikap, sehingga penerapan metode dan model pembelajaran sangat mendukung proses belajar peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar kognitif mereka. Heuristik Vee dapat membantu siswa memahami penemuan baru mereka dan membantu mereka memahami struktur dan proses pembentukan pengetahuan.. Heuristik Vee berfokus pada kegiatan menggali pengetahuan yang telah diketahui oleh siswa. Selama proses pembelajaran, guru membantu siswa mengaitkan apa yang mereka ketahui dengan pengetahuan yang baru mereka ketahui. Media puzzle adalah sebuah media yang berisikan pertanyaan dan pernyataan terkait materi yang dipelajari dalam kegiatan pembelajaran, media puzzle terdiri dari konseptual thinking yang berisikan pertanyaaan untuk mengarahkan peserta didik menggunakan fakta dan pengetahuan mereka dalam menemukan sebuah konsep, kemudian bagian pertanyaan fokus berisikan pertanyaan untuk menuntun peserta didik dalam memecahkan permasalahan terkait materi.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 2 Pekanbaru, bahwa metode pembelajaran yang digunakan konvensional sehingga minat dan ketertarikan siswa dalam belajar terutama dalam pembelajaran fisika tergolong rendah, diketahui bahwa hal ini disebabkan karena kurang memadainya kreativitas guru dalam memilih model dan strategi yang tepat dalam proses pembelajaran, yang pada akhirnya mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes belajar peserta didik kelas X yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, oleh sebab itu sangat penting menerapkan model pembelajaran yang bervariasi untuk menunjang ketercapaian suatu pembelajaran dalam pendidikan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menentukan peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik melalui penerapan model Heuristik Vee berbantuan media Puzzle pada materi Pemanasan Global kelas X SMA Negeri 2 Pekanbaru. Manfaat penelitian dapat digunakan sebagai referensi variasi model pembelajaran disekolah dan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa disekolah.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 PEKANBARU pada semester genap tahun ajaran 2023/2024, dengan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode quasi experiment dengan rancangan post-test grup design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X SMAN 2 PEKANBARU yang berjumlah 378 peserta didik, sampel berjumlah 86 peserta didik dengan kelas X.4 sebagai kelas kontrol dan X.6 adalah kelas eksperimen yang dipilih secara rendom. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa post-test hasil belajar kognitif peserta didik berjumlah 20 soal dengan tingkatan C1-C6 pada materi pemanasan global. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Teknik analisis data dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan SPPS versi 25.
Hasil analisis deskriptif penelitian didapat hasil belajar kognitif peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran heuristik vee berbantuan media puzzle diperoleh nilai rata-rata untuk tingkatan soal C1-C6 sebesar 88,3 dengan katagori sangat baik dan standar deviasi 9,0. Sementara pada kelas kontrol nilai rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik yaitu 75 dengan katagori baik dan standar deviasi 7,4. Hasil uji inferensial dengan independent sampel T-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000, sehingga p < 0.05 maka terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif peserta didik pada kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Heuristik Vee berbantuan media puzzle terhadap kelas kontrol yang menggunakan model konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar kognitif peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Heuristik Vee berbantuan media puzzle pada materi pemanasan global kelas X Sma Negeri 2 Pekanbaru ada pada katagori sangat baik, Terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan model Heuristik Vee berbantuan media puzzle. Hal ini menunjukan bahwa Penerapan model pembelajaran Heuristik Vee berbantuan media puzzle layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika kelas X untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik di tingkat SMA
Tidak tersedia versi lain