Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Icare Berbantuan Phet Simulation Untuk Meningkatkan Pemahaman  Konsep Siswa Kelas Viii Smp Taruna Pekanbaru  Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Icare Berbantuan Phet Simulation Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Viii Smp Taruna Pekanbaru Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik

Crisnova Genesia Purba / 2005113283 - Nama Orang;

Pendidikan merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam membangun bangsa menjadi lebih maju. Berkembangnya pendidikan sudah pasti berpengaruh terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang erat kaitannya dengan pelajaran IPA. Pembelajaran IPA tidak hanya mengajarkan siswa tentang rumus saja melainkan siswa dapat memahami konsep dari materi yang diajarkan. Namun, guru mengalami kesulitan dalam mengajarkan konsep baru yang sebagian belum dikenal siswa. Faktor lain pemicu rendahnya pemahaman konsep siswa yaitu siswa tidak diberi praktek yang cukup untuk menyelesaikan masalah pembelajaran sebelumnya. Solusi paling konkret untuk mengatasi masalah yang dialami guru dan siswa adalah mengenalkan model pembelajaran yang dapat diterapkan guru sehingga memberikan siswa kesempatan membangun pemahaman konsep melalui pemecahan masalah dari peristiwa nyata dalam kehidupan sehari-hari dan menghubungkan materi baru dengan materi sebelumnya. Salah satu model pembelajaran yang tepat digunakan adalah ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflexion, Extention). Pengalaman yang konkret seperti percobaan juga dapat membantu siswa untuk memahami suatu konsep. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang dapat membantu terlaksananya kegiatan percobaan yang menyenangkan, membangkitkan rasa ingin tahu siswa, serta mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA adalah PhET Simulation.
Tujuan dari penelitian ini yang pertama adalah mendeskripsikan pemahaman konsep siswa setelah penerapan model pembelajaran ICARE berbantuan PhET Simulation pada materi cahaya dan alat optik kelas VIII SMP Taruna Pekanbaru. Tujuan kedua dari penelitian ini adalah mengetahui pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Taruna Pekanbaru antara kelas yang menerapkan model pembelajaran ICARE berbantuan PhET Simulation dengan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional pada materi cahaya dan alat optik.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan Design penelitian Nonequivalent Post-test Control Group Design yaitu terdapat dua kelompok, dimana kelas eksperimen (Macan kumbang 3) yakni kelas yang di beri perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran ICARE berbantuan PhET Simulation dan kelas kontrol (Macan kumbang 2) yakni kelas yang tanpa diberi perlakuan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Taruna Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah posttest pemahaman konsep yang terdiri dari 20 butir soal pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban berdasarkan 7 indikator pemahaman konsep.
Hasil data yang diperoleh diolah menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa skor rata-rata pemahaman konsep siswa kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata sebesar 75,81 dan kelas kontrol sebesar 63,76. Secara analisis inferensial menggunakan SPSS versi 25 memperoleh hasil signifikansi p = 0,000 yang bernilai kurang dari taraf signifikansi 0,05, artinya terdapat perbedaan pemahaman konsep yang signifikan antara kelas yang menerapkan model pembelajaran ICARE berbantuan PhET Simulation dengan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional.
Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ICARE berbantuan PhET Simulation dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Taruna Pekanbaru pada materi cahaya dan alat optik. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran ICARE berbantuan PhET Simulation dapat menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa khususnya pada materi cahaya dan alat optik.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 2005113283
2005113283
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2005113283
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau FKIP Pendidikan Fisika., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2005113283
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN FISIKA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Melda
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • COVER
  • DAFTAR ISI
  • RINGKASAN
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II KAJIAN PUSTAKA
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?