Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Case Based Learning Dalam Pembelajaran Suhu, Kalor Dan Pemuaian Dengan Media Smokeless Incinerator Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMPN 1 Tapung Hulu
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Penerapan Case Based Learning Dalam Pembelajaran Suhu, Kalor Dan Pemuaian Dengan Media Smokeless Incinerator Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMPN 1 Tapung Hulu

Diandra Prudentia / 2005125606 - Nama Orang;

Pendidikan mengalami peningkatan guna meningkatkan hasil belajar siswa dan berguna dalam berbagai perspektif kehidupan. Proses pembelajaran dalam pendidikan terutama pembelajaran IPA harus mendukung siswa dalam meningkatkan kreatifitas, keterampilan proses sains, kemampuan berpikir kritis dan beradaptasi di lingkungan masyarakat. Keterampilan proses sains dalam pembelajaran IPA sering kurang dipertimbangkan dikarenakan kurang memadainya fasilitas sekolah hingga kemampuan kecerdasan siswa yang kurang. Proses pembelajaran dengan tujuan meningkatkan keterampilan proses sains siswa dapat dilakukan dengan penggunaan model pembelajaran yang dapat memancing siswa mengobservasi hingga menyimpulkan materi pembelajaran berdasarkan kejadian nyata dengan media pendukung sehingga kemudian dapat diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat yang baik bagi siswa.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat keterampilan proses sains siswa dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran case based learning dengan media smokeless incinerator pada materi suhu, kalor dan pemuaian dengan siswa dalam proses pembelajaran konvensional. Serta untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran case based learning dengan media smokeless incinerator pada materi suhu, kalor dan pemuaian. Manfaat penelitian yang dilakukan adalah siswa dapat meningkatkan keterampilan proses sainsnya melalui pemecahan kasus dalam pembelajaran IPA serta guru dapat memperluas pengetahuan dan pemahaman mengenai model pembelajaran case based learning dan smokeless incinerator dalam keterampilan proses sains.
Penelitian dilakukan di SMPN 1 Tapung Hulu dimulai pada bulan Januari sampai dengan Juni 2024. Metode penelitian eksperimen yang dilakukan adalah quasi experiment dengan jenis penelitian nonequivalent pretest-posttest only control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Tapung Hulu. Pengambilan sampel dilakukan dengan uji prasyarat, uji normalitas dan uji homogenitas terlebih dahulu. Kemudian menggunakan sample random sampling untuk penentuan kelas eksperimen, didapatkan kelas VII E dan kelas kontrol, didapatkan kelas VII F. Metode pengumpulan data adalah pemberian tes keterampilan proses sains siswa. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif dan inferensial.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan selisih skor kelas eksperimen dengan model pembelajaran case based learning dengan media smokeless incinerator pada materi suhu, kalor dan pemuaian lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Kelas eksperimen dengan selisih skor 29,26 dan kelas kontrol dengan selisih skor 20,65. Kelas eksperimen mengalami peningkatan skor tes keterampilan proses sains yang signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol dengan nilai signifikansi 0,037 lebih kecil dari 0,05.
Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan adalah model pembelajaran case based learning dengan media smokeless incinerator dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi suhu, kalor dan pemuaian. Maka disarankan penggunaan model pembelajaran case based learning dengan media smokeless incinerator pada materi pembelajaran suhu, kalor dan pemuaian agar dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 2005125606
2005125606
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2005125606
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau FKIP Pendidikan Fisika., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2005125606
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN FISIKA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Jaka
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • COVER
  • DAFTAR ISI
  • ABSTRAK
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II KAJIAN PUSTAKA
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?