Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Phet Simulation Pada Materi Fluida
Dinamis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Pekanbaru
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Phet Simulation Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Pekanbaru

Nesa Ramanda / 2005125153 - Nama Orang;

Ilmu pengetahuan dan teknologi di abad ke-21 telah menjadi bagian dari pendidikan, seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat, kompetensi yang dimiliki siswa tidak terbatas pada keterampilan proses, melainkan perlu memiliki kemampuan berpikir kritis siswa yang perlu ditingkatkan agar siswa dapat bersaing dengan tuntutan di era yang lebih maju. Oleh sebab itu, kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan. Banyak fakta dilapangan, kritis sisiwa dapat disebabkan metode yang digunakan guru yang membuat siswa menganggap pembelajaran fisika membosankan. Metode yang digunakan guru dalam mengajar sangat mempengaruhi tingkat kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu dibutuhkan penggunaaan model pembelajaran yang bisa meningkatkan rasa ingin tahu siswa sehingga memungkinkan dapat meningkat kemampuan berpikir kritis siswa salah satunya melalui penerapan model pembelajaran inkuri terbimbing. Sejalan dengan perkembangan sains dan teknologi, adapun peluang agar pembelajaran terjadi secara efektif dan efisien yakni pembelajaran virtual lab dengan menggunakan PhET Simulation dapat membantu siswa memahami konsep fisika yang lebih abstrak dan mempermudah kegiatan pratikum bagi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dan menguji tingkat kemampuan berpikir kritis siswa yang signifikan antara kelas yang menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET Simulations dengan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional. Manfaat yang diharapkan didapat dari penelitian ini adalah bagi guru, diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Bagi siswa, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 5 Pekanbaru pada materi fluida dinamis. Penelitian ini diakukan dengan populasi sebanyak 215 siswa yang terbagi 6 kelas. Sampel yang diambil terdiri dari 70 siswa, dimana kelas XI Engineering 1 berjumlah 34 siswa dan kelas XI Engineering 2 berjumlah 36 siswa. Rancangan penelitian yang dilakukan adalah Quasi Experiment dengan menggunakan Nonequivalent Posttest Only Group Design rancangan ini terdiri dari dua kelompak kelas, yaitu kelas eksperimen yang didapatkan oleh kelas XI Engineering 2 yang menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET Simulations sementara kelas kontrol yang didapatkan oleh kelas XI Engineering 1 yang mengunakan pembelajaran konvensional. setelah kedua kelas selesai diberi perlakuan, kedua kelas mengikuti post-test yang terdiri dari 12 soal berbentuk essai yang disusun berdasarkan indikator-indikator kemampuan berpikir kritis. Hasil post-test kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial melalui teknik uji Independent Sample T-test dengan berbantuan SPSS 25.
Hasil analisis deskriptif yang diperoleh bahwa hasil kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET Simulations adalah kategori baik dengan rata-rata sebesar 68.00 dibandingkan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional berkategori cukup baik dengan rata-rata sebesar 54,72. Secara analisis inferensial, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET Simulations dengan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional pada materi fluida dinamis.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET Simulations dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fluida dinamis kelas XI SMA Negeri 5 Pekanbaru. Namun, disarankan dalam menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET Simulations perlunya perancanaan dan persiapan yang matang agar proses pembelajaran berlansung sesuai dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 2005125153
2005125153
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2005125153
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau FKIP Pendidikan Fisika., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2005125153
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN FISIKA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Jaka
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • COVER
  • DAFTAR ISI
  • ABSTRAK
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II KAJIAN PUSTAKA
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?