Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Profil Kesiapan Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Blended Learning Dalam Pembelajaran Kimia Kelas X Berdasarkan Aspek Sumber Daya Manusia Dan Pengembangan Diri Di SMA Negeri 7 Pekanbaru
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Profil Kesiapan Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Blended Learning Dalam Pembelajaran Kimia Kelas X Berdasarkan Aspek Sumber Daya Manusia Dan Pengembangan Diri Di SMA Negeri 7 Pekanbaru

Vinta Armindra / 2005112419 - Nama Orang;

SMA Negeri 7 Pekanbaru merupakan salah satu sekolah yang sudah menerapkan pembelajaran berbasis Blended Learning seperti penggunaan smartphone dan internet dalam pembelajaran kimia. Salah satu yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran adalah kesiapan peserta didik. Pembelajaran Blended Learning dapat diterapkan jika peserta didik yang bersangkutan sudah memiliki kesiapan dalam penerapannya. Kesiapan peserta didik dapat diukur dari pengetahuannya terhadap dasar-dasar yang berkaitan dengan teknologi, inovasi, sumber daya manusia dan pengembangan diri. Berdasarkan wawancara guru kimia dan beberapa peserta didik SMA Negeri 7 Pekanbaru, didapatkan bahwa pembelajaran saat ini sering kali terbatas oleh beberapa faktor seperti faktor ruang dan waktu. Pembelajaran juga sering kali terhambat oleh aktivitas dan hari libur sehingga menyebabkan proses pembelajaran terganggu. Selain itu pada pelajaran kimia, mengenai praktikum mereka jarang melaksanakan praktikum secara nyata dikarenakan ruangan dan sarana prasarana praktikum yang tidak mencukupi sehingga guru perlu mencari solusi dalam pelaksanaannya. Salah satu solusi dari permasalahan ini adalah penggunaan bahan ajar digital seperti penggunaan simulasi interaktif yang dapat diakses melalui website smartphone.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu kesiapan peserta didik terhadap pelaksanaan Blended Learning pada aspek sumber daya manusia dan pengembangan diri dalam pembelajaran kimia di SMA Negeri 7 Pekanbaru dengan menggunakan skala penilaian e-learning readiness aydin dan tasci (2005) melalui pengumpulan data kuantitatif berupa angket dan diperkuat oleh bukti fisik melalui wawancara. Penelitian dilaksanakan mulai dari bulai Mei 2024 sampai Juni 2024 di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Riau. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri 7 Pekanbaru tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah peserta didik sebanyak 323 peserta didik, sedangkan jumlah sampelnya sebanyak 179 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah angket kesiapan peserta didik, pedoman wawancara.
Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa kesiapan peserta didik terhadap pelaksanaan Blended Learning pada aspek sumber daya manusia di SMA Negeri 7 Pekanbaru berada pada kategori “Siap, tetapi membutuhkan sedikit peningkatan” dengan total skor mean sebesar 3,81, selain itu kesiapan peserta didik terhadap pelaksanaan Blended Learning pada aspek pengembangan diri di SMA Negeri 7 Pekanbaru berada pada kategori “Siap, tetapi membutuhkan sedikit peningkatan” dengan total skor mean 3,68. Perbedaan kesiapan peserta didik terhadap pelaksanaan Blended Learning dalam pembelajaran kimia pada aspek sumber daya manusia dan pengembangan diri berdasarkan demografi jenis kelamin peserta didik yaitu, tidak terdapat perbedaan yang signifikan kesiapan peserta didik dari variabel sumber daya manusia dan pengembangan diri berdasarkan jenis kelamin.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 2005112419
2005112419
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2005112419
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau FKIP Pendidikan Kimia., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2005112419
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN MATEMATIKA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Aldi
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • COVER
  • DAFTAR ISI
  • ABSTRAK
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II TINJAUAN PUSTAKA
  • BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
  • BAB III METODE PENELITIAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?