CD Skripsi
Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Instruction Untuk Mengurangi Burnout Dalam Belajar Siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru
Burnout dalam belajar siswa terjadi karena faktorrinternal yanggterdapat dalamidiri siswa yaitu kondisi fisik dan psikis yang lelah, dan dari faktor eksternal yang terdapat dari luar diri siswa seperti bosan dengan metode mengajar guru didalam kelas, siswa yang tidak akrab dengan temannya atau orang disekitarnya dan tugas-tugas sekolah yang harus dikerjakan.
Penelitiannini bertujuan untukkmengetahuiipengaruhhkonselinggkelompok dengannteknik selffinstructionnuntuk mengurangi burnout dalam belajar siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru. Penelitiannini merupakannpenelitian kuantitatiffdan match kualitatif. Penelitiannini menggunakannmetodeeeksperimen bentuk one grupppretest-posttesttdesign, dengan rancangan satu kelompok subjek kemudianndi match dengan penelitian kualitatif berupa observasi dan wawancara. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket tentang burnout dalam belajar siswa melalui penyebaran prestest dan posttest yang selanjutnya dianalisis menggunakan uji wilcoxon dengan bantuan program SPS S Versi 24 for windows dan uji N-gainnternormalisasiidengannbantuan Microsofr excel.
Berdasarkan hasil data yang diperoleh terdapat penurunan burnout dalam belajarrsiswaasesudahhdiberikan perlakuan berupa konseling kelompok dengan teknik self instruction. Selanjutnya pada penelitian iniimenunjukkannbahwa terdapat perbedaan tingkat burnout dalam belajar siswaasebelummdan sesudah pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik self instruction. Kemudian didapatkan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self instruction terhadap burnout dalam belajar siswa dengan perolehan gain score sebesar 0,37 artinya besar pengaruh konseling kelompokkdengan teknik self instructionnterhadap burnout dalammbelajarrsiswa.
KataaKunci : Burnout, KonselinggKelompok, Self Instruction
Tidak tersedia versi lain