CD Skripsi
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Gaya Belajar Menggunakan Articulate Storyline Pada Materi Virus Kelas X SMA
Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang saat ini sedang digunakan dalam pendidikan di Indonesia. Penerapan Kurikulum Merdeka menekankan setiap aspek pembelajaran disesuaikan untuk memungkinkan setiap peserta didik berkembang secara optimal sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing dengan menempatkan peserta didik sebagai subjek utama pembelajaran, salah satunya pada mata pelajaran Biologi. Berdasarkan hasil wawancara guru dan pra survei peserta didik di beberapa sekolah yang ada di Pekanbaru yakni SMA Negeri 12, SMA Negeri 15, dan MAN 3 Pekanbaru, dalam mata pelajaran Biologi materi virus adalah salah satu materi yang dinilai sulit oleh peserta didik karena kompleksitas materi, terdapat banyak istilah asing/latin, sulit untuk mengingat pengelompokan virus, serta sulit dilihat secara langsung atau abstrak. Selain itu, kurangnya penggunaan media pembelajaran yang mampu mengakomodir kebutuhan gaya belajar peserta didik juga menjadi penyebab sulitnya peserta didik memahami materi.
Berdasarkan permasalahan yang ada pada mata pelajaran Biologi materi Virus kelas X SMA, perlu adanya penggunaan media pembelajaran interaktif yang mampu mengakomodir gaya belajar untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pemanfaatan software dapat menjadi solusi untuk menciptakan media pembelajaran interaktif, contohnya adalah penggunaan Articulate Storyline.
Penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis gaya belajar menggunakan Articulate Storyline pada materi virus kelas X SMA ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang hanya dilaksanakan hingga tahap development (pengembangan). Penelitian ini dilaksanakan dari bulan November 2023 hingga bulan Agustus 2024 yang dilaksanakan di kampus Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA FKIP Universitas Riau, MAN 3 Pekanbaru, dan SMA Negeri 12 Pekanbaru.
Media pembelajaran interaktif berbasis gaya belajar menggunakan Articulate Storyline divalidasi oleh 4 orang validator yang terdiri dari 2 orang dosen Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau dan 2 orang guru SMA/MA. Aspek yang dinilai pada tahap validasi yaitu aspek struktur materi, format dan kegrafisan, bahasa, praktis dan efisien, serta gaya belajar. Hasil uji validitas memperoleh rata-rata skor secara keseluruhan yaitu 3.56 dengan kategori sangat valid. Setelah kegiatan validasi dilakukan, media pembelajaran interaktif berbasis gaya belajar dinilai kepraktisannya melalui coba terbatas tahap I dan II. Uji coba terbatas tahap I menggunakan angket respon yang dilakukan terhadap 9 orang mahasiswa semester 7 Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau memperoleh rata-rata 3.55 dengan kategori sangat praktis sedangkan hasil uji coba terbatas tahap II dilakukan terhadap 24 orang siswa kelas XI SMA Negeri 12 Pekanbaru memperoleh rata-rata 3.38 dengan kategori sangat praktis. Secara keseluruhan, hasil uji praktikalitas media pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan memperoleh skor 3.47 dengan kategori sangat praktis.
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil uji validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis gaya belajar menggunakan Articulate Storyline yang telah dikembangkan dinilai sangat valid dan sangat praktis sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran pada materi virus kelas X SMA. Bagi peneliti selanjutnya, media pembelajaran interaktif berbasis gaya belajar menggunakan Articulate Storyline pada materi virus kelas X SMA disarankan untuk dilakukan penelitian pengembangan ke tahap selanjutnya yaitu tahap implementasi dan evaluasi.
Tidak tersedia versi lain