CD Skripsi
Validitas Dan Praktikalitas Media Pembelajaran Berbasis Daerah Pesisir Pada Materi Energi Dan Perubahannya Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMK
Indonesia menjadi negara kepulauan yang memiliki garis pantai terpanjang nomor dua di dunia setelah kanada dengan panjang 99.093 km yang dimana wilayah itulah menjadi kawasan daerah pesisir yang ada di indonesia serta tempat masyarakat juga bermukiman. Masyarakat yang berada di kawasan daerah pesisir pantai yang di mana sumber kehidupan perekonomian tergantung dari pemanfaatannya terhadap sumber daya laut merupakan salah satu ciri khas dari masyarakat pesisir. Adanya sekolah yang berada di daerah pesisir menyebabkan tata cara kelola dan mengajar dengan menggunakan budaya-budaya daerah pesisir, serta bentuk implementasi pembelajaran yang berbantuan stimulus tentang daerah pesisir. Kurangnya perangkat teknologi dalam pembelajaran di daerah pesisir membuat minimnya pengetahuan tentang pembelajaran. Dalam kasus tingkatan pendidikan, munculah pendidikan formal dengan tingkatan Menengah Atas yang dibantu dengan adanya persiapan-persiapan keterampilan khusus yaitu SMK. SMK merupakan salah satu lembaga pendidikan yang di mana menyiapkan serta mengembangkan peserta didik agar siap turun dengan diberikan keterampilan- keterampilan khusus yang bisa disesuaikan dan dikolaborasikan untuk menyelesaikan suatu masalah di bidang tertentu berdasarkan keahliannya.
Tujuan dari penelitian ini adalah membuat media pembelajaran berbasis daerah pesisir yang disesuian dengan materi siswa SMK pada mata pelajaran Proyek IPAS, dimana Proyek IPAS sendiri merupakan mata pelajaran kurikulum merdeka yang dimana mengharapkan pembelajaran bisa berbasis proyek sehingga dengan adanya media pembelajaran ini bisa menjadi contoh untuk membuat proyek sederhana dalam pembelajaran serta pengujian validasi yang dilkaukan untuk melihat seberapa jauh media dapat dijadikan media belajara yang valid serta kepraktisan dan kemudahan dari penggunaan media tersebut dalam pembelajaran.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Develompent (R&D) dengan jenis model ADDIE. Peneliti memilih jenis penelitian ini karena peneliti akan mengembangkan media pembelajaran Projek IPAS SMK dalam materi Energi dan Perubahannya yang dimana berupa
media dan buku panduan pembelajaran yang valid dan praktis. Pengembangan media pembelajaran energi dan perubahannya ini merupakan penelitian yang diuji dan dilewati oleh beberapa tahap hingga menciptakan produk pembelajaran yang valid. Produk perangkat dan panduan penggunaan perangkat energi dan perubahannya yang telah di validasi akan dilanjutkan dengan uji kepraktisannya. Uji kepraktisan ini dilakukan dalam pemakaian pada skala terbatas. Dengan Demikian, perangkat dan panduan pengunaan perangkat yang telah valid dapat diketahui sejauh mana kelayakan (validitas) sebagai media pembelajaran proyek IPAS SMK.
Validasi oleh 3 orang pakar dilakukan terhadap empat aspek yaitu aspek fungsi perangkat, unsur pembelajaran, kemudahan, dan estetika dan konstruksi. Hasil penelitian menyatakan bahwa media layak digunakan sebagai media pembelajaran. Uji coba media pembelajaran berbasis daerah pesisir dilakukan pada guru dan siswa, uji coba dilakukan oleh 3 orang guru fisika SMA dan 20 orang siswa kelas X SMA. Ketiga responden guru menyatakan bahwa media pembelajaran berbasis daerah pesisir mudah digunakan dan dapat membantu guru dalam proses pembelajaran. Sementara itu, responden siswa menyatakan bahwa media pembelajaran berbasis daerah pesisir dapat digunakan dengan mudah oleh mereka, sehingga media dapat digolongkan praktis dalam penggunaannya.
Tidak tersedia versi lain