CD Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning Berbantuan Game Quizwhizzer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Bumi Dan Tata Surya Di SMPN 4 Pekanbaru
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan proses
pembelajaran harus lebih aktif dan menarik untuk meningkatkan kualitas
Pendidikan di Indonesia . Namun dalam implementasinya, masih banyak peserta
didik dalam proses pembelajaran belum aktif, dimana pembelajaran masih berpusat
pada guru sebagai sumber informasi. Peserta didik perlu didorong untuk berpikir,
menemukan segala sesuatu untuk dapat memecahkan masalah. Berdasarkan hasil
angket kebutuhan peserta didik di SMPN 4 Pekanbaru, terdapat permasalahan
dimana pelaksanaan pembelajaran di kelas terkesan monoton, kurangnya media
pembelajaran yang disediakan oleh guru dan pembelajaran masih terpusat pada
guru. Kemudian peserta didik juga kurang terlibat secara aktif dalam kegiatan
proses pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik. Oleh
karena itu, dibutuhkan sebuah model dan media pembelajaran yang memfasilitasi
kemampuan berpikir dan keaktifan peserta didik salah satunya adalah model
pembelajaran Game Based Learning berbantuan game quizwhizzer. Hal ini karena
model pembelajaran Game Based Learning melibatkan kemampuan berpikir dan
keaktifan peserta didik untuk lebih berpikir kritis, logis, dan analitis.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik
dengan penerapan model pembelajaran Game Based Learning berbantuan game
quizwhizzer pada materi bumi dan tata surya di kelas VII SMPN 4 Pekanbaru serta
untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model
pembelajaran game based learning berbantuan game quizwhizzer dengan
pembelajaran konvensional pada materi bumi dan tata surya di kelas VII SMPN 4
Pekanbaru. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar
kognitif peserta didik dan dapat membuat pembelajaran di kelas menjadi lebih menyenangkan, sedangkan bagi guru dapat menjadikan alternatif strategi pembelajaran yang diterapkan dalam meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMPN 4 Pekanbaru pada semester genap 2023/2024. Populasi dari penelitian ini adalah kelas VII SMPN 4 Pekanbaru tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari kelas 7.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas 7.2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan
ii
model pembelajaran Game Based Learning berbantuan Game QuizWhizzer.
Sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran
konvensional. Setelah pembelajaran kedua kelas selesai, kedua kelas mengikuti
posttest yang terdiri dari 20 butir soal objektif yang mencakup ranah kognitif dari
C1 sampai C4. Hasil yang didapatkan dianalisis dengan menggunakan analisis
deskriptif dan analisis inferensial.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif pada penelitian didapatkan perbedaan
hasil belajar antara kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran game
based learning dengan kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional,
dimana hasil belajar kognitif rata-rata kelas eksperimen 84,88 dan hasil belajar
kognitif kelas kontrol 73,45 dan secara inferensial didapatkan hasil signifikan p =
0,000, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang
menerapkan model pembelajar Game Based Learning berbantuan game
quizwhizzer dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Berdasarkan analisis deskriptif dan inferensial yang telah dilakukan, maka
dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Game Based Learning
berbantuan game quizwhizzer dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta
didik. Oleh karena itu, peneliti merekomendasikan penggunaan model
pembelajaran Game Based Learning berbantuan game quizwhizzer sebagai salah
satu alternatif dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar peserta
didik khususnya pada materi bumi dan tata surya.
Tidak tersedia versi lain