CD Skripsi
Penerapan model problem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas x agrihan 2 smkn pertanian terpadu riau
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (KPMM) adalah kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematis melalui empat indikator: (1) memahami masalah; (2) merencanakan penyelesaian masalah; (3) melaksanakan rencana penyelesaian masalah; dan (4) memeriksa kembali hasil yang diperoleh. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya KPMM peserta didik kelas X Agrihan 2 SMKN Pertanian Terpadu Riau yang ditandai dengan persentase skor KPMM untuk setiap indikator. Rerata indikator kemampuan memahami masalah 39,1%, indikator merencanakan penyelesaian masalah 0%, indikator melaksanakan rencana penyelesaian masalah 49%, dan indikator memeriksa kembali hasil yang diperoleh 18,8%.
Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara yang dilakukan, peneliti menemukan permasalahan yang perlu diperbaiki. Permasalahan tersebut diantaranya pembelajaran di kelas jarang menggunakan metode diskusi kelompok dan tidak mengerjakan soal-soal kontekstual sehingga peserta didik masih belum mampu menyelesaikan soal kontekstual menggunakan prosedur KPMM dengan tepat. Berdasarkan permasalahan yang telah dipaparkan, perlu penerapan model pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik aktif saat proses pembelajaran dengan menyajikan permasalahan yang terdapat pada kehidupan sehari-hari kepada peserta didik yaitu model Problem Based Learning (PBL).
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki mutu proses pembelajaran dan meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis peserta didik kelas X Agrihan 2 SMKN Pertanian Terpadu Riau dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih baik lagi dimana peserta didik dalam mengonstruksi pengetahuannya dituntut untuk mampu memecahkan masalah matematis dalam kehidupan sehari-hari sehingga peserta didik lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini juga dapat dijadikan salah satu bahan masukan dalam rangka meningkatkan mutu proses pembelajaran
ii
matematika dan meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis peserta didik SMKN Pertanian Terpadu Riau, serta bagi peneliti dapat memperluas keterampilan peneliti dalam melakukan penelitian dan menambah wawasan tentang penerapan model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis peserta didik pada saat mengajar.
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Agrihan 2 SMKN Pertanian Terpadu Riau yang berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa modul ajar dan instrumen pengumpul data. Instrumen pengumpul data terdiri dari lembar pengamatan aktivitas guru dan peserta didik, serta tes KPMM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran semakin baik untuk setiap pertemuannya. Setelah diterapkan model Problem Based Learning, pembelajaran sudah berlangsung dua arah sehingga peserta didik aktif pada proses pembelajaran, terlihat dari respon yang diberikan peserta didik pada setiap kegiatan pembelajaran dan dalam diskusi kelompok, serta sebagian besar peserta didik telah dapat menyelesaikan masalah konstektual dengan langkah pemecahan masalah. Berdasarkan hasil analisis tes KPMM, diperoleh bahwa KPMM peserta didik sebelum dan sesudah tindakan mengalami peningkatan dari tes awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan KPMM dapat dilihat melalui rerata nilai KPMM yaitu pada tes awal 26,7 menjadi 50,5 pada siklus I dan 84,6 pada siklus II. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan KPMM peserta didik kelas X Agrihan 2 SMKN Pertanian Terpadu Riau setelah diterapkannya model Problem Based Learning. Analisis data tersebut dapat diberi simpulan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan KPMM peserta didik kelas X Agrihan 2 SMKN Pertanian Terpadu Riau pada konten Statistik dan Peluang semester genap tahun ajaran 2023/2024.
Tidak tersedia versi lain