CD Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Sains Melalui Penggunaan Peta Konsep Pada Pokok Bahasan Makhluk Hidup Dan Lingkungannya di Kelas IV SD N 018 Tambusai Kab.Rokan Hulu Tahun Pelajaran 2007/2008
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PENGGUNAAN PETA KONSEP PADA POKOK BAHASAN MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA DI KELAS IV SDN 018 TAMBUSAI KAB.ROKAN HULU. TAHUN PELAJARAN 2007/2008 AGUS SALIM NIM. 0505165140 ABSTRAK Telah dilakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar sains melalui penggunaan peta konsep pada pokok bahasan makhluk hidup dan lingkungannya. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 018 Tambusai Kabupaten Rokan Hulu sebanyak 23 siswa. Parameter yang diukur adalah hasil belajar, berupa daya serap, ketuntasan belajar, serta aktifitas siswa. Dan guru Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan daya serap siklus pertama 81,74% meningkat 88,91% pada pertemuan kedua. Daya serap Siklus kedua pertemuan pertama 90,86% naik menjadi 93,91% pada pertemuan kedua. Persentase ketuntasan belajar dari 88,04% meningkat menjadi 96,52% Sedangkan rata-rata aktivitas siswa pada pembelajaran makhluk hidup dan lingkungannya siklus I petemuan pertama 57,60% meningkat menjadi 76,08% pada siklus kedua.
Tidak tersedia versi lain