CD Skripsi
Ketrampilan Proses Sains Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe THINK PAIR AND SHARE Pada Siswa Kelas VI SDN 006 Rambah Samo
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar keterampilan proses siswa dalam pembelajaran sains fisika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Think Pair and Share di SDN 006 Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu pada materi perpindahan panas. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas VI yang bejumlah 20 orang. Instrumen pengumpulan data adalah tes hasil belajar keterampilan proses yang diberikan setelah proses pembelajaran. Data dianalisis secara diskriptif. Hasil analisis data menunjukkan daya serap rata-rata siswa 85 % pada kategori amat baik efektifitas pembelajaran pada kategori efektif, ketentuntasan belajar siswa klasikal 100 % tuntas, dan ketuntasan materi pelajaran 75 % dengan kategori tidak tuntas. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share efektif ditinjau dari daya serap untuk diterapkan dalam membelajarkan siswa kelas VI SD 006 Rambah Samo di tinjau dari aspek keterampilan proses. Kata Kunci : Keterampilan proses, Think Pair and Share
Tidak tersedia versi lain