CD Skripsi
Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Pembelajaran Sains Fisika Melalui Pendekatan CTL di Kelas VI SDN 005 Air Molek
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hasil belajar keterampilan
proses IPA siswa dalam pembelajaran Fisika melalui pendekatan CTL. Subjek
penelitian adalah siswa kelas VI A SDN 005 Air Molek dengan jumlah 20 orang.
Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil
belajar keterampilan proses. Tes diberikan setelah pembelajaran fisika meliputi
pendekatan CTL. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif
untuk melihat daya serap, efektifitas, ketuntasan belajar dan ketuntasan tujuan
pembelajaran. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata daya serap adalah 91%.
Efektifitas sangat efektif. Ketuntasan belajar siswa tuntas dan ketuntasan materi
pembelajaran dinyatakan tuntas (91%). Dengan demikian pendekatan CTL sangat
efektif dalam membelajarkan materi pokok sifat-sifat rangkaian listrik pada siswa
kelas VI A SDN 005 Air Molek.
Kata kunci: Pendekatan CTL, keterampilan proses
Tidak tersedia versi lain