CD Skripsi
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Sains Dalam Proses Belajar Dengan Menggunakan Ketrampilan Bertanya di Kelas V SD Negeri 004 Tambak Kecematan Kuala Cenaku Tahun Pelajaran 2008/2009
Telah dilakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar sains
dengan menggunakan keterampilan bertanya di Sekolah Dasar Negeri 004 Tambak
Kecamatan Kuala Cenaku. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 21Oktober sampai 06
Nopember 2008. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 004
Tambak sebanyak 33 orang yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa
perempuan. Parameter dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dari daya serap dan
ketuntasan belajar siswa baik secara individu maupun secara klasikal, aktifitas siswa dan
aktifitas guru pada saat pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan daya
serap siklus I 74,21% (baik) dan daya serap siklus II 69,15% (cukup). Pada siklus I tuntas
78,78% dan pada siklus ke II meningkat tuntas menjadi 87,87% sedangkan secara klasikal
tidak tuntas. Aktifitas siswa meningkat siklus I 64,85% (cukup) dan siklus II 76,11%
(baik). Aktifitas guru meningkat pada siklus I 90% (baik sekali) dan siklus II 100% (baik
sekali). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan keterampilan
bertanya dapat meningkatkan hasil belajar sains dalam proses belajar di Kelas V Sekolah
Dasar Negeri 004 Tambak Kecamatan Kuala Cenaku Tahun Pelajaran 2008/2009.
Tidak tersedia versi lain