CD Skripsi
Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Motivasi belajar Siswa Kelas IX SMPN 2 Rambah
Kata kunci : Pola Asuh Orang Tua, Motivasi, Belajar
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimanakah hubungan pola asuh
orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas IX SMP N 2 Rambah?. Tujuan
penelitian ini adalah Untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua
dengan motivasi belajar siswa kelas IX SMP N 2 Rambah. Adapun manfaat yang
diharapkan adalah sebagai berikut : Memberi masukan mengenai perlunya
menerapkan pola asuh yang baik kepada anak. Memberi masukan kepada siapa
saja yang membaca,terutama bagi penulis yang dapat digunakan untuk pedoman
jika sudah mengajar dan berkeluarga dikemudian hari. Sebagai bahan informasi
dan masukan bagiSMP N 2 Rambah terutama dalam menjalankan proses belajar
mengajar. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan penulis. Peneliian ini
dilaksakan selama 5 bulan yang dimulai dari awal Februari dan berakhir
pertengahan Juli 2009. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas IX SMP
N 2 Rambah dengan sampel 40% dari jumlah populasi dengan teknik acak. Dari
254 siswa kelas IX didapat sampelnya sebanyak 102 siswa. Pengumpulan data
dilakukan dengan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan yakni :a. rxy (pola asuh authoritative dengan
motivasi belajar) = 0,140 terletak antara 0,00-0,200, yang berarti korelasinya
sangat rendah , sehingga hipotesa nihil (Ho) diterima. Jadi analisa korelasi
menunjukkan : tidak ada korelasi antara pola asuh orang tua Authoritative dengan
motivasi belajar siswa kelas IX SMPN 2 Rambah.
b. rxy (pola asuh authoritariant dengan motivasi belajar) = 0,009 terletak antara
0,00-0,200, yang berarti korelasinya sangat rendah , sehingga hipotesa nihil (Ho)
diterima. Jadi analisa korelasi menunjukkan : tidak ada korelasi antara pola asuh
orang tua Authoritariant dengan motivasi belajar siswa kelas IX SMPN 2
Rambah.
c. rxy (pola asuh indulgent dengan motivasi belajar) = 0,480 terletak antara 0,400-
0,700, yang berarti korelasinya sedang atau cukup , sehingga hipotesa nihil (Ho)
diterima. Jadi analisa korelasi menunjukkan : adanya korelasi antara pola asuh
orang tua Indulgent dengan motivasi belajar siswa kelas IX SMPN 2 Rambah.
d. rxy (pola asuh indifferent dengan motivasi belajar) = 0,641 terletak antara 0,400-
0,700, yang berarti korelasinya sedang atau cukup , sehingga hipotesa nihil (Ho)
diterima. Jadi analisa korelasi menunjukkan : ada korelasi / hubungan antara pola
asuh orang tua Indifferent dengan motivasi belajar siswa kelas IX SMPN 2
Rambah.
Tidak tersedia versi lain